Sukses

Presiden Ceko Dilarikan ke RS Lagi Akibat COVID-19, Pelantikan Pemerintah Baru Ditunda

Presiden Milos Zeman awalnya dirawat intensif pada 10 Oktober, satu hari setelah pemilihan parlemen Ceko. Kini ia dinyatakan positif COVID-19.

Liputan6.com, Praha - Presiden Ceko Miloš Zeman kembali ke rumah sakit setelah dinyatakan positif COVID-19.

Laporan Euro News menyebut pada Jumat (26/11/2021), kantor presiden Ceko mengkonfirmasi pada Kamis 25 November bahwa Zeman akan kembali ke rumah sakit universitas militer di Praha.

Pria berusia 77 tahun itu sebelumnya telah dipulangkan setelah menghabiskan lebih dari enam minggu dalam perawatan penyakit yang tak disebutkan. Ia telah merencanakan untuk menjalani masa pemulihan di kediaman presiden di Lany Castle.

Tetapi juru bicaranya mengkonfirmasi bahwa hasil tes Zeman menunjukkan dia positif tertular Virus Corona COVID-19 setelah tiba di kastil.

"Program Presiden akan ditangguhkan selama perawatan untuk COVID-19," demikian menurut sebuah pernyataan terkait Zeman telah ditetapkan untuk melantaik pemerintahan koalisi baru Ceko yang dipimpin oleh Petr Fiala pada hari Jumat.

Presiden Milos Zeman awalnya dirawat intensif pada 10 Oktober, satu hari setelah pemilihan parlemen Ceko.

Zeman - seorang perokok berat dan peminum yang menderita diabetes - mengalami kesulitan berjalan dan telah menggunakan kursi roda. Kondisinya dikaitkan dengan penyakit kronis yang tidak ditentukan.

Rumah sakit Praha mengatakan sebelumnya pada hari Kamis bahwa mereka lebih suka Zeman tetap berada di fasilitas itu, tetapi menerima keputusannya untuk pergi karena "perkembangan yang signifikan".

Tapi Zeman sekarang telah kembali ke rumah sakit untuk "menyelesaikan situasi ini," kata juru bicara Presiden Ceko itu.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelantikan Pemerintah Baru Ditunda

Dengan presiden tetap di rumah sakit, pelantikan pemerintah baru sekarang akan ditunda.

Koalisi tiga partai liberal-konservatif yang dikenal sebagai Spolu, atau "Together" - terdiri dari Partai Demokrat Sipil, Demokrat Kristen, dan partai TOP 09 - memenangkan pemilihan dengan 27,8 persen suara.

Spolu bekerja sama dengan koalisi liberal yang terdiri dari Partai Bajak Laut dan STAN — sekelompok walikota dan kandidat independen — yang berada di tempat ketiga dengan 15,6 persen suara.

Kemitraan baru akan memegang 108 kursi di majelis rendah 200 kursi parlemen Ceko, menurunkan perdana menteri populis Andrej Babi dan gerakan ANO (YES) sentrisnya ke oposisi.

Zeman telah menerima pengunduran diri resmi Babi pada 11 November, setelah dia dipindahkan dari perawatan intensif.

Presiden berusia 77 tahun itu memiliki 15 bulan tersisa dalam masa jabatan lima tahun kedua dan terakhirnya. 

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.