Sukses

Kasus COVID-19 Melonjak, Eropa Pertimbangkan Mandat Vaksin Booster

Benua Eropa tengah dalam diskusi untuk mewajibkan vaksin booster COVID-19.

Liputan6.com, Brussels - Infeksi virus corona memecahkan rekor di beberapa bagian Eropa pada Rabu (24/11), dengan benua itu sekali lagi menjadi pusat pandemi yang telah mendorong pembatasan baru pada pergerakan dan melihat para pakar kesehatan mendorong untuk memperluas penggunaan suntikan vaksinasi booster.

Slovakia, Republik Ceko, Belanda, dan Hungaria semuanya melaporkan kasus tertinggi baru dalam infeksi harian saat musim dingin melanda Eropa dan orang-orang berkumpul di dalam ruangan menjelang Natal, menyediakan tempat 'berkembang biak' yang sempurna untuk COVID-19. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Kamis (25/11/2021). 

Kasus-kasus baru telah melonjak 23 persen di Amerika dalam minggu lalu, sebagian besar di Amerika Utara, sebagai tanda bahwa wilayah itu mungkin juga menghadapi kebangkitan infeksi.

Virus COVID-19 telah melanda dunia dalam dua tahun sejak pertama kali diidentifikasi di China tengah, menginfeksi lebih dari 258 juta orang dan membunuh 5,4 juta.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mandat Vaksin Booster

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC), badan kesehatan masyarakat Uni Eropa, merekomendasikan booster vaksin untuk semua orang dewasa, dengan prioritas bagi mereka yang berusia di atas 40 tahun, dalam perubahan besar dari panduan sebelumnya yang menyarankan dosis tambahan harus dipertimbangkan untuk orang yang lebih tua, orang yang rentan dan mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah.

"Bukti yang tersedia muncul dari Israel dan Inggris menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam perlindungan terhadap infeksi dan penyakit parah setelah dosis booster di semua kelompok umur dalam jangka pendek," kata ECDC pada hari Rabu.

Banyak negara Uni Eropa telah mulai memberikan dosis booster tetapi menggunakan kriteria yang berbeda untuk memprioritaskan mereka dan interval yang berbeda antara suntikan pertama dan booster.

Kepala ECDC Andrea Ammon mengatakan booster akan meningkatkan perlindungan terhadap infeksi yang disebabkan oleh berkurangnya kekebalan dan "berpotensi mengurangi penularan dalam populasi dan mencegah rawat inap dan kematian tambahan".

Dia menyarankan negara-negara dengan tingkat vaksinasi rendah untuk mempercepat peluncuran dan memperingatkan risiko tinggi dari lonjakan lebih lanjut dalam kematian dan rawat inap di Eropa pada bulan Desember dan Januari jika langkah-langkah yang direkomendasikan tidak diperkenalkan.

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin Covid-19 Booster, Butuh atau Enggak?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini