Sukses

Upaya Pemulihan Ekonomi, Indonesia dan Denmark Kerja Sama di Bidang Kelapa Sawit

Indonesia dan Denmark melakukan kerja sama di bidang ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dan Denmark berbagi kemitraan strategis yang terus berkembang berdasarkan saling menghormati dan menguntungkan. 

Kedua negara telah menandatangani sejumlah perjanjian termasuk Rencana Aksi Indonesia-Denmark: Kemitraan Strategis Berkelanjutan untuk Masa Depan untuk periode 2021-2024, dan MoU Pembiayaan Proyek Infrastruktur.

"Kami yakin bahwa PoA yang diperbarui akan memungkinkan kami untuk menghasilkan kolaborasi yang lebih nyata antara kedua negara," ujar Menlu Retno dalam kunjungan Menlu Denmark, Senin (23/11/2021).

Menlu Retno dan Menteri Kofod juga sepakat untuk memperkuat kerja sama guna mempercepat pemulihan ekonomi. Denmark adalah mitra terbesar kedua Indonesia di Kawasan Nordik untuk perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Sebelum pandemi, perdagangan minyak sawit berkelanjutan Indonesia – Denmark berada pada lintasan yang positif (dari USD39,2 juta pada tahun 2015 menjadi USD73,5 juta pada tahun 2019).

"Kami sepakat untuk terus mendukung kontribusi positif minyak sawit berkelanjutan bagi pemulihan ekonomi. Saya menghargai Denmark atas dukungannya terhadap penghapusan perlakuan diskriminatif terhadap produk pertanian Indonesia, khususnya kelapa sawit," sambung Menlu Retno.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerja Sama Investasi

Kedua Menlu juga melakukan kerja sama lain yakni peningkatan kapasitas bagi para pengusaha rintisan kami, termasuk pemanfaatan ICT oleh para rintisan.

"Di bidang kerja sama investasi, saya berharap penandatanganan MoU Pembiayaan Proyek Infrastruktur dapat menjadi dasar bagi peningkatan kerja sama keuangan dan investasi, khususnya di bidang TIK, energi, transportasi dan logistik, serta maritim, serta pertahanan," jelas Menlu Retno.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah Covid-19 untuk Anak:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.