Sukses

2 Pesawat Pembom Berkemampuan Nuklir Milik China Masuk Zona Pertahanan Udara Taiwan

Baru-baru ini sembilan pesawat China, termasuk dua pesawat pembom H-6 berkemampuan nuklir memasuki Taipei pada Minggu (21/11).

Liputan6.com, Taipei - Taiwan terus melaporkan pelanggaran terus menerus terhadap Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) oleh China.

Baru-baru ini sembilan pesawat China, termasuk dua pesawat pembom H-6 berkemampuan nuklir memasuki Taipei pada Minggu (21/11).

Pesawat tersebut juga dilaporkan terbang ke selatan Taiwan, lapor kantor berita Sputnik mengutip Kementerian Pertahanan Taiwan, demikian dikutip dari republicworld, Senin (22/11/2021).

Kedua jet pembom ini dilaporkan terbang ke Selat Bashi, yang memisahkan Taiwan dan Filipina, sebelum kembali ke China.

Kementerian Pertahanan Taiwan menambahkan bahwa pesawat lain terdeteksi di dekat Kepulauan Pratas.

Ketegangan di sekitar Taiwan telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, dengan tentara China melakukan latihan di wilayah tersebut mendorong pejabat dari Uni Eropa dan Amerika Serikat untuk mengunjungi Taipei.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Laporan Pihak Taiwan

Awal bulan ini, sebanyak 16 jet tempur China telah memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan, menurut sebuah laporan oleh Deutsche Welle.

Meskipun ADIZ ditetapkan sebagai wilayah udara untuk alasan keamanan nasional, namun belum ditentukan oleh perjanjian internasional.

Sementara itu, otoritas Taiwan berhak untuk menanyakan tentang pesawat yang memasuki ADIZ serta tujuan yang direncanakan.

3 dari 3 halaman

Infografis Perang Dagang AS-China Segera Berakhir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.