Sukses

FPCI Gelar Global Town Hall 2021, Sejumlah Menteri Dunia hingga Peraih Nobel Bakal Hadir

Para pembicara terkemuka dunia, sejumlah menteri sebut saja Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi hongga peraih Nobel bakal mengisi acara Global Town Hall 2021, acara tahunan yang digelar FPCI.

Liputan6.com, Jakarta - Global Town Hall 2021 bakal digelar. Kali ini kembali diadakan secara virtual melihat situasi pandemi COVID-19 yang masih melanda dunia.

Kegiatan tahunan yang diadakan oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) ini akan digelar esok, Sabtu 20 November 2021. Kali ini mengangkat tema 'Managing Competition, Conflict, and Cooperation in a Pandemic World'.

"Sekitar 9.500 orang dari 110 negara akan berpartisipasi dalam Global Town Hall 2021," ujar Founder FPCI, Dino Patti Djalal dalam ketarangan pers virtual pada Jumat (19/11/2021).

Dino menjelaskan bahwa 110 negara seperti Afghanistan hingga Zimbabwe akan berpartisipasi dalam gelaran Global Town Hall 2021. Selain itu, juga akan dihadiri para pembicara terkemuka dunia, sejumlah menteri sebut saja Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menlu Tiongkok Wang Yi, Menlu Prancis Jean-Yves Le Drien, Menlu Pakistan Shah Mahmood Qureshi, dan lainnya. Beberapa think thank hingga peraih Nobel José Ramos Horta juga bakal mengisi acara tersebut. 

Berbagai isu akan dibahas dalam acara tersebut, mulai dari dunia pasca-pandemi COVID-19, kepemimpinan, perubahan iklim, pemuda, tak ketinggalan mengenai masalah keuangan. Masalah Afghanistan yang tengah ramai diperbicangkan juga mendapat sesi dalam Global Town Hall 2021.

"Sebanyak 10 sesi dalam 15 jam kita bakal terhubung dengan warga dunia dalam forum internasional terbuka. Ini sangat langka dan momen berharga," ucap Dino.

Dino juga berharap kegiatan ini dapat membantu mencari solusi penyelesaian sesuai dengan topik yang diangkat. Selain itu, hasil dari Global Town Hall juga diharapkan dapat menjadi acuan pemerintah dunia untuk membuat kebijakan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Acara Gratis

Global Town Hall 2021 adalah platform virtual terbuka yang menyediakan ruang bersama untuk menghubungkan para pemimpin dunia, pembuat kebijakan, dan pemikir terkemuka dengan warga dunia dalam diskusi kelas dunia 15 jam sehari penuh tentang isu-isu terkini yang penting.

Diprakarsai oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Global Town Hall adalah acara independen yang diselenggarakan oleh konsorsium think-tank terkemuka dari berbagai negara dan juga melibatkan universitas dan organisasi masyarakat sipil dari seluruh dunia.

Global Town Hall tahun ini mengangkat tema, 'Managing Competition, Conflict, and Cooperation in a Pandemic World'. Acara yang diadakan pada hari Sabtu, 20 November 2021 ini gratis. Kunjungi https://www.gth2021.com/.

Tujuan Global Town Hall adalah untuk menyediakan platform independen untuk membahas keadaan dunia yang masih bergulat dengan krisis COVID-19, mengevaluasi tantangan kebijakan dan pembelajaran, serta mengumpulkan ide untuk arah masa depan, terutama dalam hal bagaimana membangun kembali dunia secara ekonomi, sosial, lingkungan, diplomatik, dan bahkan geopolitik.

Menurut informasi, Global Town Hall tahun ini akan terdiri dari sekitar 10 sesi berturut-turut, meliputi: keadaan dunia 2021, vaksinasi populasi global, perubahan iklim, kompetisi geopolitik, ekonomi dunia, masa depan Afghanistan. Tahun ini, kontes teknologi, dan juga akan mencakup sesi selebriti populer untuk kaum muda. Untuk menghibur penonton, kami juga akan menampilkan sejumlah aksi komedian dari berbagai negara di sela-sela sesi.

3 dari 3 halaman

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.