Sukses

Skenario Terburuk COVID-19 di Eropa Bisa Picu Tambahan 300 Ribu Kematian

Dalam skenario terburuk, pandemi COVID-19 dapat menyebabkan 300.000 kematian di Eropa jika kebijakan anti-penularan dicabut dan orang-orang kembali ke kebiasaan lama mereka tanpa pembatasan.

Liputan6.com, Berlin - Pandemi COVID-19 diperkirakan bisa menelan korban jiwa tambahan mencapai 300.000 di Eropa. Demikian menurut sebuah penelitian terhadap jumlah orang di 19 negara yang tidak terinfeksi COVID-19 atau divaksinasi, dikutip dari Nature.com, Jumat (19/11/2021).

Model penelitian ini juga memprediksi bahwa pandemi COVID-19 dapat menyebabkan sekitar satu juta rawat inap di Eropa, beberapa di antaranya akan berkontribusi pada angka kematian yang diproyeksikan. Tetapi penulis analisis menunjukkan bahwa perkiraan mereka adalah jumlah maksimum, yang mengasumsikan bahwa semua pembatasan anti-infeksi COVID-19 dicabut dan kontak antar individu telah kembali ke tingkat pra-pandemi.

Hasil analisis telah diposting sebagai pracetak di server medRxiv dan belum ditinjau oleh rekan sejawat.

Temuan itu menunjukkan bahwa korban pandemi COVID-19 yang akan datang bisa sangat parah di Eropa, dan mungkin di tempat lain, kata Henrik Salje, ahli epidemiologi penyakit menular di University of Cambridge, Inggris, yang tidak terlibat dalam penelitian ini. Tetapi angka-angka itu harus ditafsirkan dengan hati-hati, katanya, karena analisis tersebut mengasumsikan bahwa setiap orang dalam populasi akan terpapar - "skenario terburuk yang ekstrem."

Namun demikian, penelitian terkait kematian akibat COVID-19 ini merupakan latihan yang berguna dalam membantu negara-negara untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masa depan, kata Sheryl Chang, pemodel penyakit menular di University of Sydney di Australia.

"Angka-angkanya mengejutkan, dan itu mungkin atau mungkin tidak terjadi, tetapi orang-orang perlu sadar bahwa COVID-19 belum berakhir."

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menghitung yang Tak Terlindungi

Negara-negara di seluruh Eropa telah mengalami beberapa gelombang infeksi yang telah menewaskan lebih dari 1,4 juta orang sejak pandemi COVID-19 dimulai. Tetapi sekitar 315 juta orang di seluruh Eropa telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19.

Untuk studi mereka, Lloyd Chapman, pemodel penyakit menular di London School of Hygiene and Tropical Medicine, dan rekan-rekannya ingin mengukur dampak wabah dan kampanye imunisasi di masa lalu.

Para peneliti mengumpulkan data tentang kematian COVID-19 dalam berbagai kelompok usia di negara-negara di seluruh Eropa, dari mana mereka memperkirakan jumlah total orang yang telah terinfeksi di setiap negara pada awal November 2021. Angka ini, bersama dengan data tingkat vaksinasi, digunakan untuk menghitung bagian populasi yang belum memperoleh kekebalan terhadap SARS-CoV-2 pada saat itu — dan oleh karena itu masih berisiko tinggi dirawat di rumah sakit atau meninggal akibat COVID-19 jika semua pembatasan segera dicabut.

Analisis ini juga memperhitungkan orang-orang yang masih berisiko meskipun telah terpapar atau divaksinasi sebelumnya.

Tim mengamati variasi yang cukup besar dalam potensi beban COVID-19 di seluruh Eropa. Negara-negara di mana proporsi tertinggi orang yang berisiko adalah mereka dengan tingkat vaksinasi yang lebih rendah, bagian yang lebih kecil dari orang-orang yang telah terinfeksi dan populasi yang lebih tua.

Misalnya, sekitar 8 dari setiap 1.000 orang di Rumania, di mana tingkat vaksinasi relatif rendah, masih dapat dirawat di rumah sakit, dibandingkan dengan kurang dari satu per 1.000 di Inggris. Secara absolut, sekitar 280.000 orang di Jerman, yang memiliki populasi lansia yang cukup besar, masih bisa berakhir di rumah sakit, dibandingkan dengan 6.300 di Denmark.

Analisis mengirimkan peringatan bahwa bahkan dengan cakupan vaksin yang relatif tinggi di antara populasi yang memenuhi syarat, negara masih dapat mengalami gelombang rawat inap dan kematian, kata Lloyd. Tetapi jumlahnya “sangat banyak batas atas apa yang bisa terjadi”, tambahnya.

Namun, penelitian ini tidak memperhitungkan faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan risiko itu lebih jauh, seperti munculnya varian baru yang lolos dari kekebalan, atau kekebalan yang berkurang seiring waktu, kata para peneliti.

Ini adalah "analisis yang elegan", kata Megan O'Driscoll, pemodel penyakit menular di University of Cambridge. Tetapi "pemantauan durasi perlindungan terhadap penyakit akan sangat penting untuk memahami risiko jangka panjang SARS-CoV-2 di masa depan".

3 dari 3 halaman

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.