Sukses

Cara Menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021

Gerhana Bulan Sebagian terpanjang di abad ini akan segera terbentuk pada 19 November 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana bulan sebagian akan terbentuk pada bulan ini, dan itu akan menjadi Gerhana Bulan Sebagian terpanjang di abad ini. Menurut NASA, gerhana akan terjadi selama semalaman pada tanggal 18 dan 19 November 2021 (waktu Indonesia), ketika bulan tergelincir ke dalam bayangan Bumi selama 3 jam dan 28 menit.

Dilansir CBS News, Rabu (17/11/2021), Bulan November akhir juga dikenal sebagai "bulan beku". Sebelumnya pada tahun 2018, Gerhana Bulan total terlama terjadi 1 jam, 42 menit, dan 57 detik.

Gerhana Bulan Total terjadi ketika bulan melintasi bayangan bumi dan menutupi seluruh bulan. Sedangkan Gerhana Bulan Sebagian terjadi ketika bulan tidak sepenuhnya masuk ke dalam bayangan bumi.

Menurut NASA akan ada 228 Gerhana Bulan pada abad ini, antara tahun 2001 hingga 2100 nanti. Oleh sebab itu, simak cara menyaksikan Gerhana Bulan yang akan terbentuk pada 19 November waktu Indonesia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Melihat Gerhana Bulan Sebagian

NASA mengatakan jika cuaca memungkinkan akan dapat melihat Gerhana Bulan Sebagian tersebut, termasuk Amerika Utara dan Selatan, Asia Timur, Australia, dan kawasan Pasifik. Tetapi itu dapat terjadi lebih awal atau lebih lambat, tergantung pada zona waktu wilayah masing-masing.

Ada berbagai cara untuk menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian tersebut, Anda dapat menggunakan alat-alat seperti teleskop, kamera dan lain-lain. Namun Anda juga harus memperhatikan poin penting sebagai berikut:

• Gunakan Kalkulator Eclipse untuk mengetahui kapan Anda dapat melihat gerhana bulan di lokasi Anda

• Periksa ramalan cuaca

• Temukan tempat yang cocok untuk melihat gerhana. Anda dapat melihat gerhana bulan selama Anda berada di sisi malam Bumi saat gerhana terjadi.

Jika Anda ingi menyaksikan hanya melalui layar gadget, NASA akan memiliki siaran langsung Gerhana Bulan, yang akan menutupi hampir 97% permukaan bulan purnama.

Penulis: Vania Dinda Marella

3 dari 3 halaman

Infografis Gerhana Bulan Parsial

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.