Sukses

Presiden Kongo Felix Tshisekedi Ajak Indonesia Kerja Sama di Bidang Carbon Trading

Presiden Kongo Felix Tshisekedi ajak Indonesia bekerja sama dalam hal carbon trading.

Liputan6.com, Kinshasa - Presiden Felix Tshisekedi mengusulkan agar Kongo dan Indonesia, sebagai sesama negara pemilik hutan hujan terbesar di dunia, bekerjasama dalam hal carbon trading.

Hal ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mengurangi emosi karbon global dalam rangka membantu melestarikan lingkungan hidup dan memitigasi perubahan iklim, demikian disebutkan dalam rilis yang diterima Liputan6.com dari KBRI Nairobi, Rabu (17/11/2021).

Pernyataan tersebut mengemuka pada pertemuan Duta Besar Republik Indonesia, Mohamad Hery Saripudin seusai penyerahan surat kepercayaan kepada Presiden Kongo Tshisekedi di Palais de la Nation atau Istana Nasional di Kinsasha (11/11).

Dubes RI menyampaikan bahwa dirinya telah menerima instruksi dari Presiden RI untuk bekerja lebih erat dengan RD Kongo untuk mendorong isu-isu yang menjadi kepentingan bersama di bidang ekonomi, politik, sosial budaya, serta termasuk isu lingkungan.

Dubes Mohamad Hery Saripudin juga menyampaikan bahwa nilai perdagangan kedua negara sangat kecil dibandingkan potensi yang dimiliki kedua negara. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Peningkatan Nilai Perdagangan

Pemerintah kedua negara, selaku fasilitator pelaku usaha, perlu mengupayakan meningkatkan nilai perdagangan bersama-sama.

“Perlu upaya bersama untuk meningkatkan hubungan perdagangan kedua negara. Untuk itu perlu segera diwujudksn negosiasi pembentukan Preferential Trade Agreement (PTA) antara Indonedia dengan RD Kongo,” demikian disampaikan Dubes Saripudin.

Pada pertemuan tersebut, Presiden RD Kongo juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kiprah kontingen Indonesia pada Pasukan Perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa yang tergabung dalam Misi Stabilisasi di RD Kongo, MONUSCO.

Selain itu, Presiden Tshisekedi juga mengutarakan keinginannya untuk berkunjung ke Indonesia pada tahun 2022.

Indonesia telah berpartisipasi dalam misi perdamaian PBB di RD Kongo selama lebih dari tiga dasawarsa. Saat ini, terdapat tidak kurang dari 1.102 personel dari TNI dan Polri yang tergabung dalam misi perdamaian di RD Kongo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.