Sukses

Angkatan Laut Maroko Selamatkan 331 Imigran Ilegal di Pantai Mediterania

Dari 12 hingga 15 November 2021, Angkatan Laut Maroko menyelamatkan 331 imigran ilegal di lepas pantai Mediterania dan Atlantik.

Liputan6.com, Rabat - Angkatan Laut Maroko menyelamatkan 331 imigran ilegal dari 12 hingga 15 November di lepas pantai Mediterania dan Atlantik.

Dikutip dari laman Xinhua, Selasa (16/11/2021) sebanyak 248 imigran gelap di antaranya berasal dari Sub-Sahara, 80 orang Maroko, 2 orang Asia dan 1 orang Sudan.

Laporan itu juga menambahkan bahwa mereka menghadapi kesulitan di atas berbagai kapal darurat.

Mereka yang diselamatkan diberi pertolongan pertama di unit angkatan laut, sebelum dibawa dengan selamat ke berbagai pelabuhan di wilayah Afrika Utara dan diserahkan ke Gendarmerie Maroko untuk prosedur biasa.

Maroko telah menjadi negara transit bagi para imigran Afrika yang ingin mencapai Eropa.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5.000 Migran Maroko Jalan hingga Berenang ke Spanyol

Pada Mei 2021, Spanyol kedatangan migran dalam jumlah memecahkan rekor harian negara tersebut. Tak tanggung-tanggung mencapai 5.000 orang.

Mengutip ABC Australia, ribuan di antaranya adalah anak-anak. Mereka tiba di daerah di Spanyol bernama Ceuta dari Maroko.

Seorang juru bicara delegasi pemerintah Spanyol di Ceuta tidak memprediksi jumlah warga yang masuk di tengah tegangnya hubungan ibu kota Spanyol, Madrid dengan ibu kota Maroko, Rabat. Menurutnya, jumlah ini mungkin saja bisa bertambah.

"Para migran berhasil mencapai daerah perkantungan tersebut dengan berenang dan berjalan di tengah air laut yang sedang surut. Namun, seorang pria diketahui tenggelam di tengah perjalanannya," tutur juru bicara itu.

Delegasi tersebut mencatat kedatangan 100 orang di pagi hari, yang kebanyakan adalah remaja laki-laki, anak-anak dan beberapa perempuan yang berenang dengan ban atau perahu karet.

Juru bicara itu memaparkan, beberapa lainnya berjalan ketika air pasang. Jumlah kedatangan para migran pun dilaporkan meningkat cepat.

3 dari 3 halaman

infografis kebijakan anti-imigran Trump

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.