Sukses

COP26 Sepakat Kurangi Penggunaan Batu Bara, Sejumlah Negara Kecewa

Pakta Iklim Glasgow COP26 adalah kesepakatan iklim pertama yang secara eksplisit berencana untuk mengurangi batu bara.

Liputan6.com, Glasgow - Kesepakatan yang bertujuan untuk mencegah perubahan iklim yang berbahaya telah dicapai pada KTT COP26 di Glasgow.

Pakta Iklim Glasgow adalah kesepakatan iklim pertama yang secara eksplisit berencana untuk mengurangi batu bara, bahan bakar fosil terburuk untuk gas rumah kaca.

Kesepakatan itu juga menekan pengurangan emisi yang lebih mendesak dan menjanjikan lebih banyak uang bagi negara-negara berkembang - untuk membantu mereka beradaptasi dengan dampak iklim.

Tetapi janji itu tidak cukup jauh untuk membatasi kenaikan suhu hingga 1,5C.

Komitmen untuk menghapus batubara yang termasuk dalam rancangan negosiasi sebelumnya menyebabkan penyelesaian dramatis setelah India memimpin oposisi terhadapnya.

Menteri Iklim India Bhupender Yadav bertanya bagaimana negara-negara berkembang dapat berjanji untuk menghapus subsidi batubara dan bahan bakar fosil ketika mereka "masih harus berurusan dengan agenda pembangunan dan pemberantasan kemiskinan mereka".

Pada akhirnya, negara-negara COP26 sepakat untuk 'mengurangi' daripada 'menghapus' batu bara, sebuah pemilihan kata yang memicu kekecewaan beberapa perwakilan negara, termasuk Presiden COP26 Alok Sharma yang mengatakan "sangat menyesal" atas bagaimana akhir dari negosiasi itu terjadi, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (14/11/2021).

Batubara bertanggung jawab atas sekitar 40% emisi CO2 setiap tahun, menjadikannya sentral dalam upaya untuk tetap dalam target 1.5C. Untuk memenuhi tujuan ini, disepakati di Paris pada tahun 2015, emisi global perlu dikurangi sebesar 45% pada tahun 2030 dan menjadi hampir nol pada pertengahan abad.

"Mereka mengubah sepatah kata pun tetapi mereka tidak dapat mengubah sinyal yang keluar dari COP ini, bahwa era batu bara berakhir," kata direktur eksekutif internasional Greenpeace Jennifer Morgan.

"Ini demi kepentingan semua negara, termasuk mereka yang masih membakar batubara, untuk transisi ke energi terbarukan yang bersih."

Aspek pendanaan untuk perbaikan kebijakan terkait iklim sendiri menjadi salah satu topik panas yang diperdebatkan selama konferensi. Negara maju berjanji menyedian US$ 100 milliar per tahun kepada negara berkembang, sebuah komitmen yang dibuat pada 2009 dengan tenggat waktu 2020. Namun, tanggal itu telah terlewatkan.

Ini dirancang untuk membantu negara-negara berkembang beradaptasi dengan efek iklim dan membuat transisi ke energi bersih. Dalam upaya untuk meredakan delegasi, Sharma mengatakan sekitar $ 500 miliar akan dimobilisasi pada tahun 2025.

Tetapi negara-negara miskin telah menyerukan seluruh pertemuan untuk pendanaan melalui prinsip kerugian dan kerusakan - gagasan bahwa negara-negara kaya harus mengkompensasi yang lebih miskin untuk efek perubahan iklim yang tidak dapat mereka adaptasi.

Ini adalah salah satu kekecewaan besar konferensi bagi banyak delegasi. Terlepas dari ketidakpuasan mereka, beberapa negara yang mendapat manfaat mendukung perjanjian tersebut atas dasar bahwa pembicaraan tentang kerugian dan kerusakan akan terus berlanjut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sekjen PBB Tak Antusias dengan Komitmen COP26

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres kurang antusias dengan bagaimana COP26 menghasilkan komitmen iklim, mengatakan: "Planet kita yang rapuh tergantung pada benang. Kami masih baru mengetuk pintu ke solusi atas bencana iklim."

"Sudah waktunya untuk masuk ke mode darurat – atau peluang kita untuk mencapai nol bersih itu sendiri akan menjadi nol."

Sebagai bagian dari perjanjian, negara-negara telah berjanji untuk bertemu tahun depan untuk menjanjikan pengurangan karbon besar lebih lanjut sehingga tujuan 1.5C dapat tercapai. Janji saat ini, jika dipenuhi, hanya membatasi pemanasan global hingga 2,4C.

Jika suhu global naik lebih dari 1,5C, para ilmuwan mengatakan Bumi kemungkinan akan mengalami efek parah seperti jutaan orang lagi yang terkena panas ekstrem.

Menteri Lingkungan Swiss Simonetta Sommaruga mengatakan: "Kami ingin mengungkapkan kekecewaan mendalam kami bahwa bahasa yang kami sepakati, tentang subsidi batubara dan bahan bakar fosil telah disiram lebih lanjut sebagai akibat dari proses yang tidak transparan."

Dia menambahkan: "Ini tidak akan membawa kita lebih dekat ke 1.5C, tetapi membuatnya lebih sulit untuk mencapainya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini