Sukses

Pernah Bayangkan Bumi Jika Tak Ada Manusia? Begini Penjelasan Ahli

Bumi tanpa manusia akan diisi oleh beragam spesies luar biasa.

Liputan6.com, Stockholm - Planet Bumi telah membina kehidupan sejak dahulu kala. Tanah duniawi dan lautan dalam telah melihat spesies yang bahkan sulit untuk digambarkan. 

Spesies ini, dengan jutaan tahun keberadaannya, telah berkontribusi pada pembangunan ekosistem seperti yang kita lihat sekarang. Meskipun setiap spesies berkontribusi pada perubahan, perubahan yang paling terlihat dipicu oleh spesies yang bisa dibilang paling cerdas, yakni Homo sapiens atau Manusia. 

Manusia telah mengubah planet ini dengan cara yang tidak bisa dilakukan orang lain. Perubahannya begitu mendalam sehingga sulit untuk menghapus bukti kecuali jika peristiwa yang mirip dengan Chicxulub terulang kembali. 

Namun, pernahkah kamu membayangkan bagaimana jadinya bumi jika manusia modern tidak pernah ada? Mari simak penjelasan ini bersama.

Faktor utama yang harus diperhatikan adalah distribusi. Manusia mendominasi, meskipun bukan yang terkuat. Akibatnya, domestikasi kita, dan pembasmian tingkah laku biadab secara simultan, memunculkan keterbatasan di alam. 

Menurut para peneliti, jika hal-hal tidak akan berubah seperti yang mereka lakukan, Bumi akan menjadi Ekosistem Serengeti modern yang besar yang terletak di Afrika, seperti dikutip dari News 18, Sabtu (13/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keberadaan Manusia Tak Bisa Dihindarkan

Berbicara tentang kemungkinan, Soren Faurby dari Universitas Swedia dalam sebuah wawancara dengan Live Science, mengatakan, “Di dunia tanpa manusia, akan ada keragaman mamalia besar yang jauh lebih besar, dan jika kamu melihat keragaman mamalia besar yang lebih besar, kamu cenderung melihat lebih banyak habitat terbuka.”

Lebih banyak spesies akan mendapatkan ruang untuk bernafas dan hidup selaras dengan alam. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Trevor Worthy, dari Universitas Flinder, Australia, tingkat kepunahan akan kira-kira 100 kali lebih kecil dari sekarang jika jejak manusia hampir dapat diabaikan.

Karena itu, terlepas dari semua kemungkinan, dan bayangan tentang sebuah planet tanpa manusia modern, kebenaran pahitnya bahwa manusia adalah sesuatu yang tak terhindarkan.

Homo Sapiens, atau manusia modern, jika dihapus dari sejarah planet ini, akan memberi ruang bagi spesies manusia lain, seperti Neanderthal, yang punah karena keragaman genetik yang rendah.

Intinya adalah bahwa Neanderthal juga akan berevolusi seiring waktu dan akan membuat beberapa perubahan signifikan. Namun, aspek yang bisa diperdebatkan dari perspektif ini adalah bahwa perubahan itu mungkin tidak separah sekarang ini.

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.