Sukses

12 November 1980: Cincin Saturnus Berhasil Terekam dalam Gambar

Wahana antariksa Voyager merekam gambar cincin Saturnus dengan jelas.

Liputan6.com, Washington - Wahana antariksa Voyager 1 telah mencapai planet bercincin, Saturnus dan mengirimkan kembali foto-foto hidup pertama planet tersebut. Para ilmuwan sangat senang dan kewalahan oleh aliran data yang membanjiri kembali dari planet yang berjarak 1530 juta km dari Bumi.

Voyager 1, diluncurkan pada 1977, melintas dalam jarak 124.000 km dari awan yang mengelilingi Saturnus. Itu hanya 19 km dari jalurnya setelah perjalanan epiknya. Foto-foto menunjukkan pita awan kuning dan oranye yang mengelilingi planet ini dengan kecepatan beberapa ratus mil per jam.

Penyelidikan melihat dari dekat cincin spektakuler yang mengelilingi Saturnus, dan menemukan bahwa cincin itu lebih kompleks daripada yang disarankan oleh teleskop berbasis Bumi.

Para ilmuwan telah menghitung lebih dari 100 cincin terpisah, bukan enam pita lebar yang terlihat dari Bumi, seperti dilansir dari BBC, Jumat (12/11/2021).

"Misteri cincin, struktur dan mekanisme yang mengatur struktur, terus semakin dalam dan dalam,” kata Dr Bradford Smith, pemimpin tim interpretasi foto Voyager.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bulan Saturunus Terbesar

Voyager telah mengirim kembali data yang mengarah ke beberapa penemuan terobosan, termasuk bulan ke-15 dan pemindaian Titan, bulan Saturnus terbesar. Ini adalah satu-satunya bulan di Tata Surya yang cukup besar untuk menahan atmosfer, terutama karena ukurannya lebih besar dari planet Merkurius.

Para ilmuwan mengatakan Titan memiliki kemiripan kimiawi yang dekat dengan Bumi ketika kehidupan dimulai di planet kita sekitar 4.000 juta tahun yang lalu.

Keesokannya Voyager akan terus melewati Saturnus, mengunjungi beberapa bulan yang lebih kecil di jalan. Voyager 1, bersama dengan saudaranya, Voyager 2, telah mengirimkan kembali gambar baru yang revolusioner dari planet saudara Saturnus, Jupiter.

Misi-misi itu hanya mungkin karena suatu peristiwa yang terjadi setiap 175 tahun, ketika planet-planet luar Tata Surya datang ke dalam keselarasan yang memungkinkan pesawat ruang angkasa untuk melakukan perjalanan ke masing-masing planet secara bergantian.

Kedua Voyager masing-masing membawa kapsul waktu yang berisi gambar, suara alam, dan musik dari Bumi jika mereka harus menghadapi makhluk luar angkasa selama perjalanan mereka ke luar angkasa. Voyager 2, dijadwalkan mencapai Saturnus pada Agustus tahun depan (1981).

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.