Sukses

Munculnya Adolf Hitler, Ini 5 Ramalan Nostradamus yang Dikaitkan Kejadian Nyata

Apakah Nostradamus meramalkan sesuatu yang benar?

Liputan6.com, Jakarta - Nostradamus menjadi terkenal di masa hidupnya karena menerbitkan serangkaian panjang ramalan yang terus membingungkan dan penuh intrik. Namun fakta bahwa ia menulis dalam puisi, atau kuatrain yang penuh teka-teki.

Kuatrain adalah sajak empat seuntai yang setiap baitnya terdiri atas empat buah kalimat.

Itu artinya kata-kata Nostradamus dapat ditafsirkan ulang tanpa henti agar sesuai dengan peristiwa sejarah.

Hal itu juga membuat banyak percobaan untuk menilai 'akurasi'-nya menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Tapi bagaimana jika kita benar-benar mendukung prediksi Nostradamus?

Apakah Nostradamus memprediksi sesuatu yang benar?

Berikut ini sejumlah prediksi Nostradamus yang dikaitkan dengan sejarah, dikutip dari History.co.uk, Selasa (9/11/2021):

1. Kematian Tragis Henry II

Raja Henry II dari Prancis. (Wikipedia)

Henry II dari Prancis adalah kenalan pribadi Nostradamus, yang pernah menyapanya dalam sebuah surat bertajuk 'The most invincible Henry King of France' ('Raja Henry Prancis yang paling tak terkalahkan').

Sayangnya, Henry benar-benar berubah menjadi sangat tak terkalahkan, dan berakhir dengan sangat menyakitkan pada usia 40 tahun.

Henry, seorang olahragawan yang gemar berburu dan jousting (permainan bela diri antara dua penunggang kuda yang menggunakan tombak dengan ujung tumpul), sifat aktif Henry membuktikan kehancurannya ketika pada musim panas 1559, saat ia mengadakan turnamen untuk merayakan perjanjian damai.

Selama pertandingan jousting dengan salah satu prajurit mudanya, tombak yang terakhir hancur, mendorong serpihan ke mata dan tengkorak raja.

Kematian yang lambat dan menyakitkan akibat sepsis, membuat banyak yang percaya bahwa itu diramalkan oleh Nostradamus melalui syairnya 'the young lion will overcome the older one', that he will 'pierce his eyes through a golden cage', and that 'two wounds' will ensure a 'cruel death'. (Singa muda akan mengalahkan singa yang lebih tua', bahwa ia akan 'menusuk matanya melalui sangkar emas', dan bahwa 'dua luka' akan memastikan 'kematian yang kejam').

Benarkah prediksi Nostradamus?

Meskipun para kritikus telah menunjukkan kuatrain itu juga mengatakan pembunuhan itu 'on the field of combat in a single battle' (terjadi di medan pertempuran dalam satu pertempuran), sementara Henry secara tidak sengaja terbunuh selama pertandingan jousting biasa.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Kebakaran London

Prediksi Nostradamus ini mengutip kuatrain Great Fire of London secara lengkap, karena ini adalah salah satu nubuat paling misterius dari semuanya.

The blood of the just will commit a fault at London,

Burnt through lightning of twenty threes the six:

The ancient lady will fall from her high place,

Several of the same sect will be killed.

Sajak tersebut dianggap terkait dengan peristiwa kebakaran besar (Great Fire) London, khususnya pada kalimat kedua: 20 kali tiga adalah 60. Kemudian ditambah enam menjadi 66.

Konon, itu ada kaitannya dengan momentum kejadian yakni pada 2 September 1666.

Namun, kebakaran tersebut tak dipicu sambaran petir --melainkan percikan api di toko roti Thomas Farriner di Pudding Lane pada musim panas yang terik dan kering.

Tewasnya korban dari kalangan petani dan kelas menengah tidak tercatat kala itu. Namun, menurut Smithsonian Magazine, bisa jadi korban tewas mencapai ratusan atau bahkan ribuan orang.

Terkait 'sekte yang sama' (same sect) dalam sajak tersebut dikaitkan dengan umat Katolik dan bangsa Belanda -- yang dituduh sebagai pelaku pembakaran dan menjadi sasaran persekusi.

Sementara, istilah 'ancient lady' dianggap mewakili London. Meski demikian, itu adalah ramalan paling lemah yang dikaitkan dengan Nostradamus.

3. Kemunculan Adolf Hitler

Adolf Hitler berkali-kali lolos dari upaya pembunuhan (AFP)

Nostradamus telah dikreditkan dengan beberapa prediksi abad ke-20, dan kebangkitan Adolf Hitler sering disebut sebagai salah satunya. Dan, agar adil, tulisan-tulisannya memang memprovokasi sedikit dinginnya pengakuan.

'Dari kedalaman Eropa Barat,' Nostradamus menulis, 'Seorang anak kecil akan lahir dari orang-orang miskin'. Dan apa yang dilakukan anak ini? Dia akan 'dengan lidahnya ... merayu pasukan yang hebat', dan ketenarannya akan menyebar jauh ke luar Eropa.

Syair lain yang mungkin penting menyebutkan pertempuran 'dekat dengan Hister' – yang merupakan referensi longgar untuk Hitler, atau penyebutan yang lebih biasa dari nama lama sungai Danube.

Hal ini tergantung sudut pandang Anda.

4. Bom Hiroshima dan Nagasaki

Kota Hiroshima yang hancur setelah bom atom pertama dijatuhkan oleh Angkatan Udara AS B-29 pada 06 Agustus 1945. Serangan bom atom AS menewaskan 140.000 orang di Hiroshima dan 70.000 lebih di Nagasaki. (AFP PHOTO)

Near the gates and within two cities (dekat gerbang dua kota)

There will be scourges the like of which was never seen, (akan terjadi malapetaka yang tak pernah disaksikan sebelumnya)

Famine within plague, people put out by steel, (kelaparan di tengah wabah, orang-orang terbunuh oleh baja)

Crying to the great immortal God for relief (memohon belas kasih Tuhan)

Pada awal Agustus 1945, Amerika Serikat menjatuhkan dua bom atom, Little Boy dan Fat Boy, ke Nagasaki dan Hiroshima.

Dua kota tersebut luluh lantak. Mereka yang berhasil lolos dari maut menderita akibat radiasi.

Pascaperang, Jepang juga mengalami krisis kekurangan pangan.

5. Pembunuhan John F. Kennedy

John F Kennedy (John Vachon/LOOK Magazine/Library of Congress).

The great man will be struck down in the day by a thunderbolt (orang hebat akan hancur oleh petir)

An evil deed foretold by the bearer of a petition (perbuatan jahat yang telah diramalkan para pembawa petisi)

According to the prediction, another falls at night time (menurut prediksi, yang lain akan tumbang saat malam)

Conflict at Reims, London and a pestilence in Tuscany (konflik di Reims, London dan wabah penyakit di Tuscany).

Sajak itu dianggap meramalkan nasib John F Kennedy. Ia menerima serangkaian ancaman pembunuhan (petisi) selama masa pemerintahannya sebagai Presiden AS.

Saat berkunjung ke Dallas pada 22 November 1963, Kennedy tewas ditembak. Kematiannya menggegerkan seantero dunia dan menjadi duka rakyatnya.

Adiknya, Bobby Kennedy juga tewas ditembak lepas tengah malam pada 5 Juni 1968.

Namun, konflik di Reims dan London, serba wabah di Tuscany sama sekali tak ada kaitannya dengan kematian dua Kennedy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini