Sukses

Teror Joker Jilid 2: Pria Tua di Jepang Bakar Kereta Shinkansen

Pelaku yang berusia lanjut ini mengaku terinspirasi dari teror Joker jilid 1 pada malam Halloween di Tokyo.

Liputan6.com, Hiroshima - Seorang pria tua ditangkap di Jepang karena melakukan aksi pembakaran di kereta shinkansen. Ia mengaku terinspirasi dari serangan pria berkostum Joker di Tokyo pada malam Halloween 2021.

Dilaporkan Kyodo, Senin (8/11/2021), pelaku kali ini adalah pria lanjut usia bernama Kiyoshi Miyake (69). Aksi dilakukan pelaku di kereta dari Hiroshima menuju Stasiun Kagoshima-Chuo di kota Kagoshima.

Insiden terjadi sekitar 08.40 pagi. Miyake menyiram cairan pembakar, kemudian menyalakan api di secarik kertas, lalu melemparnya ke lantai.

Saat itu, ada 30 orang yang berada di gerbong tersebut. Alarm darurat kereta langsung menyela, dan shinkansen itu berhenti darurat.

Pelaku mengaku "ingin mengimitasi" serangan pisau dan pembakaran yang dilakukan Joker di Tokyo. Kebetulan kedua pelaku sama-sama berasal dari Fukuoka.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kejahatan di Kereta

Serangan si Joker tua ini tidak menimbulkan luka. Berbeda dari serangan si Joker muda yang menikam seorang pria paruh baya.

Namun, akibat kejadian ini beberapa layanan shinkansen tersendat hingga 50 menit. Sebanyak 900 penumpang terdampak.

Jepang sedang menyorot naiknya kejahatan yang terjadi di kereta api. Sebelum ada serangan Joker di Tokyo, ada pula serangan penusukan pada Agustus 2021.

Kejadian terparah di shinkansen adalah di 2015. Ada penumpang yang membakar dirinya, sehingga ikut menewaskan wanita berusia 50 tahunan. Selain itu, 26 penumpang lainnya terluka.

3 dari 3 halaman

Infografis Naruhito Kaisar Baru Jepang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.