Sukses

8 Orang Tewas Terseok-seok dalam Kerumunan Festival Musik di Texas AS

Delapan orang dilaporkan tewas dan sejumlah lain terluka akibat terseok-seok dalam kerumunan festival musik di Houston, Texas, Amerika Serikat pada Jumat 5 November 2021.

Liputan6.com, Houston - Menyusul kejadian itu, kepolisian telah membuka penyelidikan atas kematian di Festival Astroworld, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (7/11/2021).

Para korban berusia antara 14 dan 27 tahun.

Polisi juga sedang menyelidiki klaim seorang petugas keamanan ditusuk menggunakan suntikan ke leher ketika mencoba menahan penonton konser, dan menduga bahwa substansi yang disuntikkan mungkin mengandung narkotika.

Kepanikan pecah setelah kerumunan mulai menekan ke depan panggung selama penampilan rapper Travis Scott pada Jumat malam.

Ketika kerumunan mulai menyebabkan luka-luka pada orang-orang, kepanikan tumbuh dan korban dengan cepat membanjiri pertolongan pertama di tempat, kata para pejabat. Sekitar 300 orang dirawat karena cedera seperti luka dan memar.

Kepala Polisi Houston Troy Finner mengatakan pada konferensi pers bahwa penyelidikan akan melibatkan divisi pembunuhan dan narkotika.

Kepala Pemadam Kebakaran Houston Samuel Peña mengatakan penyelidikan akan meninjau video dari tempat kejadian dan mengeksplorasi penyebab di balik lonjakan kerumunan dan "apa yang mencegah orang untuk dapat melarikan diri dari situasi itu".

Dalam pernyataan pertamanya sejak tragedi itu, Travis Scott berterima kasih kepada polisi dan layanan darurat dan mengatakan dia "berkomitmen untuk bekerja sama dengan komunitas Houston untuk menyembuhkan dan mendukung keluarga yang membutuhkan".

"Doa saya ditujukan kepada keluarga semua yang terkena dampak apa yang terjadi," tulis rapper itu di Twitter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Acara Dibatalkan

Sekitar 50.000 orang menghadiri acara luar ruangan dua hari, yang kini telah dibatalkan.

Sebuah pusat reunifikasi telah didirikan di Wyndham Houston Hotel untuk keluarga yang belum mendengar kabar dari orang yang dicintai di festival tersebut.

Astroworld adalah acara tahunan yang diadakan di NRG Park sejak 2018, meskipun ditunda tahun lalu karena pandemi COVID-19.

Travis Scott, 29, membuat terobosan besar pada tahun 2013 dan sejak itu memiliki delapan nominasi untuk Grammy Awards. Dia memiliki seorang anak dengan sosialita selebriti Kylie Jenner, yang juga menghadiri konser tersebut.

Pertunjukan lain yang dijadwalkan di festival selama akhir pekan termasuk rapper Chief Keef dan 21 Savage, dan artis rock Australia Tame Impala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini