Sukses

99 Orang Tewas Akibat Kecelakaan Truk BBM Berujung Ledakan di Sierra Leone

Setidaknya 99 orang tewas setelah ledakan besar ketika sebuah mobil tanker bahan bakar minyak bertabrakan dengan sebuah truk di ibukota Sierra Leone.

Liputan6.com, Freetown - Setidaknya 99 orang tewas setelah ledakan besar ketika sebuah truk bahan bakar minyak bertabrakan dengan sebuah kendaraan lain di ibukota Sierra Leone, Freetown pada Jumat 5 November 2021 waktu setempat.

Bahan bakar tumpah sebelum akhirnya menyebabkan semburan api dan melalap apa yang ada di sekitarnya, termasuk orang-orang di jalan, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (7/11/2021).

Rekaman yang disiarkan oleh media lokal menunjukkan mayat-mayat hangus parah di jalan-jalan di sekitar mobil tanker yang memicu kebakaran.

Presiden Julius Maada Bio mengatakan dia "sangat terganggu oleh kebakaran tragis dan hilangnya nyawa yang mengerikan".

Dalam sebuah tweet, dia mengatakan pemerintahnya akan melakukan "segalanya untuk mendukung keluarga yang terkena dampak".

Walikota Freetown Yvonne Aki-Sawyerr menggambarkan melihat foto-foto "mengerikan".

Sekitar 100 orang dirawat di rumah sakit dan pusat kesehatan di sekitar Freetown, beberapa fasilitas di antaranya dikatakan kewalahan merawat korban luka

Ledakan itu diyakini terjadi di persimpangan di luar Supermarket Choithram yang sibuk di pinggiran wellington yang padat penduduk di timur kota sekitar pukul 22:00 GMT pada hari Jumat.

Satu laporan mengatakan sebuah bus benar-benar terbakar, sementara toko-toko terdekat dan kios-kios pasar terjebak dalam api.

Brima Bureh Sesay, kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sierra Leone, mengatakan ada banyak "mayat yang terbakar".

"Ini adalah kecelakaan yang mengerikan dan mengerikan," katanya kepada media lokal dalam sebuah video yang dibagikan dari tempat kejadian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minyak yang Tumpah ke Jalan Memicu Kerumunan Pengepul

Di lokasi kecelakaan, ada bagian tubuh yang masih tergeletak di kendaraan yang terbakar habis. Juga di sini adalah apa yang tersisa dari tanker bensin dan truk yang menabraknya.

Pengendara dan warga di dekatnya mulai mengumpulkan bahan bakar yang bocor, menyebabkan kemacetan lalu lintas. Tak lama setelah itu, terjadi ledakan.

Bola api menyebar ke daerah sekitarnya dan ke kendaraan yang terjebak dalam lalu lintas.

Pihak berwenang mengatakan sebagian besar korban tewas sekarang telah diterima di kamar mayat pusat di Freetown, dengan yang terluka parah dirawat di rumah sakit di seluruh kota. Tentara, polisi dan pemadam kebakaran semuanya ada di tempat kejadian.

Kota pelabuhan Freetown, yang merupakan rumah bagi lebih dari satu juta orang, telah menghadapi beberapa bencana serius dalam beberapa tahun terakhir.

Pada bulan Maret, lebih dari 80 orang terluka setelah kebakaran besar di salah satu daerah kumuh kota menyebabkan lebih dari 5.000 orang mengungsi.

Dan pada 2017 lebih dari 1.000 orang tewas setelah hujan lebat menyebabkan tanah longsor yang menyapu kota, menyebabkan sekitar 3.000 orang kehilangan tempat tinggal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini