Sukses

KBRI Mexico City Ikut Rayakan Hari Kematian di Meksiko

Festival el Dia de Muertos/Hari Kematian di Meksiko sudah makin terkenal di dunia.

Liputan6.com, Mexico City - KBRI Mexico City turut terlibat di Hari Kematian. Festival el Dia de Muertos di Meksiko semakin terkenal berkat film Coco.

Berdasarkan laporan Kemlu, Kamis (4/11/2021), festival Hari Kematian ini diawali dengan pemotongan pita di tempat ofrenda (sesajen) yang telah disiapkan di depan Palacio Nacional oleh para duta besar sebelum desfile atau parade dimulai.

KBRI Mexico City menyebut bendera Indonesia juga hadir dalam Desfile Internacional de Dia de Muertos 2021 tersebut. 

Festival el Dia de Muertos merupakan festival khas Meksiko yang selalu meriah dan dirayakan oleh warga Meksiko tiap awal November untuk menghormati arwah nenek moyang mereka.

Warga Meksiko biasa merayakannya di makam sambil menikmati hidangan. Sejak 2015, pemerintah Kota Meksiko secara reguler mulai menyelenggarakan parade atau desfile festival el Dia de Muertos setiap tahunnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Terhadang Pandemi

Festival di Meksiko ini baru bisa diadakan tahun ini setelah sebelumnya terhalang pandemi COVID-19. 

Tahun ini Pemerintah Kota Meksiko kembali mengadakan desfile el día de muertos untuk kebutuhan peningkatan pariwisata mereka. 

Situasi pandemi saat diselenggarakan parade ini telah memasuki rambu hijau. Pemerintah Kota Meksiko memperkirakan sekitar 3 juta orang berada di jalanan untuk merayakan desfile ini. Tampaknya harapan Pemerintah Kota Meksiko terealisasi dengan berduyun-duyunnya warga Kota Meksiko yang menyaksikan di jalanan dari rute Zocalo, Jalan 5 Mayo, Reforma dan berakhir di Campo Marte.

Menurut data Johns Hopkins University, total kasus corona di Meksiko mencapai 3,8 juta kasus. Selama 28 hari terakhir, 119 ribu kasus baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini