Sukses

Peneliti China Temukan Fosil Dinosaurus dengan Lengkung Syaraf Berbentuk Kupu-Kupu

Versi online dari penemuan dinosaurus ini dipublikasikan di "Cretaceous Research" pada Oktober 2021.

Liputan6.com, Inner Mongolia - Ahli paleontologi China mengumumkan penemuan dinosaurus jenis baru dengan lengkungan saraf berbentuk unik seperti kupu-kupu, yang membuatnya dapat dibedakan dari jenis troodontid lainnya.

Dikutip dari laman Xinhua, Rabu (3/11/2021), tim peneliti menemukan holotipenya di Daerah Otonomi Mongolia Dalam China utara.

Holotipe dinosaurus ini terdiri dari tengkorak yang hampir lengkap, dengan panjang total 12 cm dan tulang postkranial yang terpisah-pisah.

Panjang tubuhnya mencapai 1 meter.

Pei Rui, peneliti dari Institut Paleontologi Vertebrata dan Paleoantropologi dari Akademi Ilmu Pengetahuan China, mengatakan dinosaurus ini hidup di periode Kapur.

Sekitar 83 juta hingga 70 juta tahun yang lalu dan berada di tahap subdewasa yang kala itu baik untuk perkembangan individu maupun evolusi populasi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penemuan Penting

Penemuan ini penting untuk studi tentang keanekaragaman hayati makhluk hidup darat dan perubahan paleoenvironmental di Asia Timur Laut pada masa Kapur Akhir (Late Cretaceous), tambah Pei.

Versi online dari penemuan tersebut dipublikasikan di "Cretaceous Research" pada Oktober 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.