Mengira Tidak Berguna, Nenek di Inggris Hampir Buang Berlian Senilai Rp 28,5 Miliar

Oleh Liputan6.com pada 02 Nov 2021, 20:10 WIB
Diperbarui 02 Nov 2021, 20:10 WIB
Berlian
Perbesar
Ilustrasi berlian termahal di dunia (Photo by Edgar Soto on Unsplash)

Liputan6.com, London - Seorang nenek asal Inggris baru-baru ini menemukan bahwa perhiasan yang dimilikinya sebenarnya adalah berlian 34 karat senilai $2 juta (Rp 28,5 miliar). Dia telah membawa batu itu ke obral mobil dan akan membuangnya.

Nenek berusia 70-an itu berpikir bahwa barang itu tidak berharga, tetapi dia memutuskan untuk menanyakannya terlebih dahulu karena salah satu tetangganya meyakinkannya untuk memeriksa harganya. Lalu, dia pergi ke Featonby Auctioneers di North Shields untuk menentukan nilai barangnya.

Mark Lane, dari Featonby's Auctioneers, mengatakan bahwa si nenek datang dengan sekotak perhiasan yang berisi cincin kawinnya, bersama dengan potongan batu ini dan barang-barang perhiasan bernilai rendah lainnya. 

Namun, Mark melihat bahwa batu itu cukup besar dan juga lebih besar dari koin satu pon. Pada awalnya, dia mengira itu mirip berlian dan merupakan Cubic Zirconia, seperti dikuti dari First Post, Selasa (2/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tidak Menduga Menemukan Potongan Berlian

Ilustrasi Berlian
Perbesar
Ilustrasi berlian. (dok. Pixabay.com/GrownDiamond)

Mark menggunakan mesin penguji berlian setelah beberapa hari untuk memeriksa nilai batu tersebut. Untuk memperjelas keasliannya, potongan itu kemudian dikirim ke London

Kemudian, dikirim ke Antwerpen, Belgia untuk disertifikasi oleh para ahli yang mengkonfirmasi bahwa itu adalah berlian 34 karat.

Nenek pensiunan itu memilih untuk merahasiakan identitasnya, tetapi senang telah menemukan berlian. Dia menyebutkan bahwa pergi ke penjualan mobil adalah sesuatu yang dia sukai dan tidak pernah terlintas dalam pikirannya bahwa potongan itu sebenarnya bisa menjadi berlian asli.

Mark mengatakan bahwa ukuran berlian ini adalah salah satu yang terbesar yang pernah dilihatnya dalam lima tahun terakhir. Dia mengatakan bahwa warna dan kejernihan berlian sangat bagus dan tidak sesuai dengan skala untuk menemukan berlian 34 karat.

 

Reporter: Cindy Damara

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya