Sukses

Perubahan Iklim Diduga Jadi Pemicu Naiknya Kasus Penyakit Ginjal

Kenaikan suhu 1 derajat celcius menyebabkan hampir 1% penyakit ginjal.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut penelitian di Brasil, peningkatan suhu global berdampak pada penyakit ginjal.

Dilansir UPI, Senin (1/11/21), menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Regional Health, Americas, setiap kenaikan 1 derajat Celcius pada suhu rata-rata harian, ada peningkatan hampir 1% pada penyakit ginjal.

Sebagian besar yang terkena dampak yaitu wanita, anak-anak di bawah 4 tahun dan lansia berusia sekitar 80 tahun.

Dunia berfokus pada dampak perubahan iklim yang disampaikan pada konferensi COP26 di Glasgow pada hari Minggu, studi itu mengukur risiko dan beban yang dapat diatribusikan untuk rawat inap penyakit ginjal terkait dengan suhu lingkungan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kasus Gangguan pada Ginjal

Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Yuming Guo dan Dr Shanshan Li dari Planetary Health di Monash University menunjukkan Persentase 7,4 setara dengan lebih dari 202.000 kasus penyakit ginjal dari tahun 2000-2015. Data yang digunakan adalah data masuk rumah sakit harian dari 1.816 kota di Brazil.

Hampir 2,6 juta kematian disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal pada tahun 2017, penyakit ginjal menjadi perhatian kesehatan masyarakat global. Kematian akibat penyakit ginjal meningkat 26,6% dari satu dekade sebelumnya.

Studi ini mengamati 2.726.886 pasien rawat inap untuk penyakit ginjal. Dalam konteks pemanasan global, "lebih banyak strategi dan kebijakan harus dikembangkan untuk mencegah kasus rawat inap terkait panas dan mitigasi perubahan iklim," kata Guo.

Hubungan antara suhu dan penyakit ginjal akibat paparan suhu ekstrim kepada seseorang. Peneliti menyarankan menyarankan intervensi harus segera dimasukkan ke dalam kebijakan pemerintah tentang perubahan iklim karena beberapa orang lebih rentan terhadap panas sehubungan dengan penyakit ginjal.

 

Penulis : Alicia Salsabila

3 dari 3 halaman

Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.