Sukses

30 Oktober 1991: Badai Besar Hantam Atlantika Utara, 6 Nelayan Tewas

Pada 30 Oktober 1991, badai yang disebut sebagai “badai sempurna” menghantam Atlantik Utara, menghasilkan gelombang yang sangat besar di New England dan Kanada.

Liputan6.com, Ottawa - Pada tanggal 30 Oktober 1991, badai yang disebut sebagai badai sempurna menghantam Atlantik Utara dan menghasilkan gelombang yang sangat besar di sepanjang pantai New England dan Kanada.

Dilansir dari laman History, Jumat (29/10/2021), selama beberapa hari berikutnya, badai menyebar ke lautan lepas pantai Kanada.

Kapal nelayan Andrea Gail dan enam awaknya hilang diterjang badai. Bencana itu melahirkan buku terlaris “The Perfect Storm” oleh Sebastian Junger dan film Hollywood blockbuster dengan nama yang sama.

Pada 27 Oktober, Badai Grace terbentuk di dekat Bermuda dan bergerak menuju pantai tenggara Amerika Serikat.

Dua hari kemudian, Badai Grace terus bergerak ke utara, menemukan sistem tekanan rendah besar yang bergerak ke selatan dari Kanada. Benturan sistem di atas Samudra Atlantik menyebabkan gelombang setinggi 40 hingga 80 kaki pada 30 Oktober—laporan yang belum dikonfirmasi menempatkan gelombang lebih dari 100 kaki di beberapa lokasi.

Gelombang besar ini menyebabkan banjir pantai yang luas, khususnya di Massachusetts; kerusakan juga terjadi sejauh selatan Jamaika dan utara sejauh Newfoundland.

Badai terus bergolak di Atlantik pada 31 Oktober; dan dijuluki "badai Halloween."

Badai tersebut datang ke darat pada 2 November di sepanjang pantai Nova Scotia, kemudian, ketika bergerak ke timur laut di atas perairan Gulf Stream, itu membuat transisi yang sangat tidak biasa menjadi badai. Pusat Badai Nasional memutuskan untuk tidak menyebutkan nama badai itu karena khawatir akan membuat khawatir dan membingungkan penduduk setempat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tim Penyelamat Dikirim

Sementara itu, saat badai berkembang, awak kapal nelayan setinggi 70 kaki Andrea Gail sedang memancing ikan todak di Grand Banks Atlantik Utara. Andrea Gail terakhir terdengar pada 28 Oktober. Ketika kapal tidak kembali ke pelabuhan pada 1 November sesuai jadwal, tim penyelamat dikirim.

Pencarian Andrea Gail selama seminggu dan kemungkinan penyebab kematiannya didokumentasikan dalam buku Junger, yang menjadi buku terlaris nasional. Baik Andrea Gail maupun krunya—David Sullivan dan Robert Shatford dari Gloucester, Mass.; William Tyne, Dale Murphy dan Michael Moran dari Bradenton Beach, Florida; dan Alfred Pierre dari New York City.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.