Sukses

KJRI Perth Dukung Peluncuran Aplikasi Bahasa Kita Tepat di Hari Sumpah Pemuda

Komunitas Bahasa Kita terdiri dari warga negara Indonesia di Perth, Australia Barat yang memiliki minat belajar berbahasa Indonesia.

Liputan6.com, Perth - Warga Indonesia yang tergabung dalam komunitas Bahasa Kita meluncurkan piranti lunak (aplikasi) bernama Bahasa Kita tepat di hari Sumpah Pemuda yang ke-93. Kegiatan ini mendapat dukungan dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Perth, Australia.

Lewat semangat bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu, Bahasa Indonesia kelompok pecinta Bahasa Indonesia ini penuh suka cita hadir dalam kegiatan tersebut. Kelahiran piranti lunak ini merupakan inisiatif tokoh-tokoh yang tergabung dalam Tim Bahasa Kita, demikian disebutkan dalam rilis yang diterima Liputan6.com dari KJRI Perth, Jumat (29/10/2021).

Komunitas Bahasa Kita terdiri dari warga negara Indonesia di Perth, Australia Barat yang memiliki minat belajar berbahasa Indonesia atau memiliki tugas mengajar Bahasa Indonesia di berbagai sekolah dasar dan menengah di Australia Barat.

Peluncuran piranti lunak Bahasa Kita juga dimeriahkan dengan kegiatan Temu Wicara dengan Tajuk Semangat Sumpah Pemuda di Era Digital; Satu Bahasa, Bahasa Kita, Bahasa Indonesia.

Temu Wicara menghadirkan pendiri dan insiator aplikasi Bahasa Kita, Wieke Gur; Presiden Westralian Indonesian Language Teacher Association (WILTA), Danielle Horne; dan Direktur Indonesia Institute Bapak Robbie Gaspar.

Hadir pula Mohammad As'ad, Komisaris Drilchem Pte. Ltd. mewakili komunitas industri dan energi; serta Nanda Avalist, Konsul Penerangan dan Sosial-Budaya KJRI Perth. Kegiatan temu Wicara dan peluncuran piranti lunak tersebut dibuka oleh Konjen RI Perth, Listiana Operananta.

Pada sambutannya, Konjen RI menuturkan kebanggaanya atas semangat putra-putri Indonesia di luar negeri yang terus berkreasi dan berkolaborasi dengan bersahaja dan tanpa pamrih untuk mengharumkan Bahasa Indonesia, di tengah derasnya arus informasi dan revolusi tata krida informasi dunia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Minat Belajar Bahasa Indonesia

KJRI Perth menyambut baik dan mendukung inisiatif peluncuran piranti lunak ini sebagai upaya penguatan ekosistem pendukung promosi Bahasa Indonesia di wilayah kerja Australia Barat, dengan jangkauan yang mendunia karena aplikasi ini dapat diakses dan digunakan secara global oleh setiap orang yang memiliki koneksi data internet, dengan gawai telepon pintar berbasis sistem Android atau IOS dari 5 benua.

Diharapkan, aplikasi Bahasa Kita dan fitur-fitur pendukungnya, termasuk purwarupa games Kades Edu yang juga diluncurkan dalam kesempatan yang sama, dapat menjadi sumbangsih warga Indonesia di Australia Barat, dalam upaya bersama mendorong promosi dan pelestarian Bahasa Indonesia sebagai pusaka nasional warisan Pahlawan Bangsa.

Peluncuran ini juga diharapkan dapat memperkuat upaya Indonesia untuk mempertahankan tingkat minat Bahasa Indonesia di mancanegara, khususnya Australia Barat.

Sejauh ini, tercatat sekitar 14.000 pelajar yang tersebar di lebih kurang 40 sekolah publik dan privat yang mengajarkan Bahasa Indonesia dalam kurikulum mereka, didukung oleh sekitar 150 tenaga pengajar Bahasa Indonesia baik dalam kapasitas guru (full time equivalent - FTE) maupun guru bantu (language assistants).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.