Sukses

Eks Gubernur New York Andrew Cuomo Didakwa Atas Kasus Pelecehan Seksual

Mantan gubernur New York, Andrew Cuomo, dituduh melakukan tindak pidana ringan karena meraba seorang perempuan secara paksa.

Liputan6.com, Albany - Sebuah tuntutan pidana yang mendakwa mantan Gubernur New York, Andrew Cuomo, dengan tindak pidana ringan pelecehan seksual diajukan pada hari Kamis di pengadilan di Albany, ibukota negara bagian, penuntut pertama berasal dari skandal pelecehan yang menyebabkan pengunduran dirinya.

Dilansir dari laman France24, Jumat (29/10/2021), pengajuan dari Kantor Sheriff Kabupaten Albani, menuduh Cuomo meraba-raba seorang wanita di bawah blusnya, dikonfirmasi oleh juru bicara pengadilan negara bagian New York, Lucian Chalfen, dalam sebuah pernyataan email yang merujuk pada dugaan pelanggaran sebagai "kejahatan seks."

Cuomo (63), yang mengundurkan diri dua bulan lalu di bawah seruan untuk pemecatannya dari sesama Demokrat terkemuka, termasuk Presiden Joe Biden, akan muncul di pengadilan pada 17 November di bawah panggilan yang dikeluarkan pada hari Kamis, tetapi belum dikonfirmasi.

Pengacara Cuomo, Rita Glavin, mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada media lokal bahwa ia tidak bersalah dan mempertanyakan penanganan Sheriff Craig Apple atas kasus tersebut, dengan mengatakan ia "bahkan tidak memberi tahu jaksa wilayah apa yang dia lakukan.”

“Ini bukan penegakan hukum yang profesional; ini politik,” katanya.

Pengacara distrik Albany County, David Soares, mengeluarkan pernyataan terpisah yang menunjukkan bahwa sheriff telah bertindak secara independen dari jaksa setempat.

“Seperti masyarakat lainnya, kami terkejut mengetahui hari ini bahwa pengaduan pidana diajukan di Pengadilan Kota Albany oleh Kantor Sheriff Kabupaten Albany terhadap Andrew Cuomo,” kata Soares.  Ia menolak berkomentar lebih jauh.

Salinan pengaduan yang diunggah secara daring oleh WNBC-TV di New York mengatakan Cuomo terlibat dalam tindak pidana ringan “menyentuh secara paksa” pada 7 Desember 2020, di Rumah Eksekutif gubernur dengan meletakkan "tangannya di bawah kemeja korban. ... dan ke bagian tubuh intimnya.

Pengaduan tersebut mengatakan Cuomo meraba payudara perempuan itu untuk menghinanya dan memuaskan hasrat seksualnya, tetapi kemudian nama perempuan itu dihapus.

Seminggu sebelum pengunduran dirinya, mantan staf gubernur, Brittany Commisso, mengajukan laporan kriminal ke Kantor Sheriff Kabupaten Albany dan menuduh bahwa gubernur saat itu meraba-raba payudaranya di Executive Mansion di Albany akhir tahun lalu.

The New York Post mengatakan Cuomo diperkirakan akan ditangkap minggu depan dan didakwa dengan pelanggaran ringan dugaan meraba-raba mantan ajudannya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Melecehkan 11 Perempuan Selama 10 Tahun Menjabat

Cuomo mengundurkan diri sebagai gubernur pada Agustus setelah lebih dari 10 tahun menjabat, menyusul penyelidikan yang dirinci dalam laporan setebal 168 halaman yang menemukan bahwa ia telah melakukan pelecehan seksual terhadap 11 perempuan.

Jaksa Agung New York, Letitia James, mengatakan penyelidikan independen selama lima bulan menyimpulkan bahwa Cuomo telah terlibat dalam perilaku yang melanggar berbagai undang-undang federal dan negara bagian.

Kantornya tidak melancarkan tuntutan pidana, tetapi jaksa lokal di beberapa negara, termasuk Albani, mengatakan setelah rilis laporan bahwa mereka sedang menyelidiki masalah ini dan meminta bukti dari penyelidikan independen.

"Tuntutan pidana yang diajukan hari ini terhadap Tuan Cuomo karena menyentuh secara paksa lebih lanjut memvalidasi temuan dalam laporan kami," kata James dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.

Mantan gubernur telah lama membantah melakukan kesalahan, meski ia mengatakan bahwa ia menerima tanggung jawab penuh atas apa yang ia sebut sebagai cara yang salah untuk menunjukkan kasih sayang atau kelucuan.

"Dalam pikiran saya, saya tidak pernah melewati batas dengan siapapun, tetapi saya tidak menyadari sejauh mana batas itu telah digambar ulang," katanya saat mengumumkan pengunduran dirinya.

Pengunduran diri Cuomo mengakhiri kejatuhan selama berbulan-bulan, menggagalkan karier politik seorang pria yang pernah dianggap sebagai calon presiden AS.

Pengunduran diri Cuomo menghindarkannya dari kemungkinan pemecatan dari jabatannya melalui proses pemakzulan di badan legislatif negara bagian, yang tampaknya mungkin terjadi meskipun badan itu didominasi oleh sesama Demokrat.

Investigasi independen menemukan bahwa Cuomo meraba-raba, mencium, atau membuat komentar sugestif yang tidak pantas kepada perempuan, termasuk pekerja pemerintah yang sekarang dan yang dulu, dan membalas dendam pada setidaknya satu perempuan yang menuduhnya melakukan pelanggaran seksual.

Seperti ayahnya Mario Cuomo, Andrew Cuomo terpilih untuk tiga kali masa jabatan empat tahun sebagai gubernur.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.