Sukses

Indonesia Berpotensi Jadi Negara Adidaya Iklim, Inggris Siap Beri Dukungan

Dubes Owen Jenkins mengatakan bahwa Inggris siap memberi dukungan untuk Indonesia dalam membantu mengatasi masalah iklim.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia disebut berpotensi untuk menjadi negara adidaya iklim dengan kekayaan sumber daya alam yang dimilikinya. 

Maka dari itu, Inggris pun menyatakan dukungannya bagi Indonesia dan sejumlah negara berkembang lainnya dalam mewujudkan upaya untuk mengurangi emisi global.

"Kami sangat memahami bahwa Indonesia dan negara berkembang lainnya membutuhkan dukungan, membutuhkan biaya, membutuhkan investasi untuk mencapainya. Dan itu adalah sesuatu yang sangat ingin kami berikan dan dukung," ujar Dubes Owen Jenkins dalam press briefing KTT COP26, Kamis (28/10/2021). 

Ia menambahkan bahwa Inggris pun merasa bangga dengan kemitraan yang telah terjalin antara kedua negara, khususnya di bidang kehutanan dan tata guna lahan yang telah berjalan 20 tahun.

"Dan dalam kolaborasi baru kami di bidang energi yang akan mempercepat transisi menuju energi terbarukan. Kami ingin terus memberikan pengetahuan bahwa kami memiliki lebih banyak dukungan keuangan dan bantuan teknis dalam hal itu," tambah Dubes Owen lagi. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inggris Harap Indonesia Lebih Ambisius

Lebih lanjut lagi, Dubes Owen Jenkins menyatakan bahwa ia sangat mengapresiasi upaya Indonesia terkait hal ini.

"Saya juga ingin menyampaikan apresiasi saya yang tinggi kepada pemerintah Indonesia, atas kemajuan dan ambisi yang ditunjukkannya dalam mengurangi emisi, khususnya di sektor kehutanan dan penggunaan lahan," paparnya.

"Kami sangat menyambut ambisi Tinggi ini, yang telah ditetapkan oleh Indonesia sendiri dan berkomitmen untuk mendukungnya dalam memajukan target ini," tambahnya lagi. 

Ia berharap Indonesia bisa menjadi seambisius mungkin, dan mengupayakan kerja sama menuju tujuan ini.

"Kerja sama terkait perubahan iklim dan pembangunan rendah karbon akan tetap menjadi bagian penting dari hubungan kita dengan Indonesia di tahun-tahun mendatang,"

"Dan saya yakin bahwa Indonesia akan terus menunjukkan kepemimpinan yang telah ditunjukkannya di daerah ini dan kemudian kita akan melihat keberhasilan lebih lanjut sebagai hasil atau kepemimpinan Indonesia dan Inggris," tambahnya lagi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini