Sukses

Kim Jong-un Dikudeta Adiknya Kim Yo-jong? Ini Kata Intel Korea Selatan

Apa yang terjadi sesungguhnya, benarkah pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dikudeta adiknya Kim Yo-jong?

Liputan6.com, Pyongyang - Rumor beredar santer bahwa Kim Yo-jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara dikabarkan melakukan kudeta. Bahkan, sosok Kim Jong-un yang terlihat belakangan ini disebutkan palsu alias orang suruhan.

Apa yang terjadi sesungguhnya?

Laman Yonhap News Agency yang dikutip Rabu (27/10/2021) menyebut informasi itu bohong belaka. Menurut agen mata-mata Korea Selatan pada Minggu 24 Oktober 2021, laporan media tentang saudara perempuan pemimpin Korea Utara yang berhasil melakukan kudeta terhadap saudara laki-lakinya tidak benar sama sekali.

National Intelligence Service atau Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan menepis laporan yang mengklaim Kim Yo-jong menggulingkan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dengan kudeta. Seorang pejabat pemerintah dalam pernyataan terpisah juga mengatakan laporan seperti itu tidak benar.

Mengutip laporan dari tabloid Globe yang berbasis di AS, beberapa outlet berita di Korea Selatan mengatakan Kim Yo-jong melakukan kudeta antara 6 Mei dan 5 Juni, dan mencopot Kim Jong-un dari jabatannya.

Laporan tersebut mengklaim Kim Jong-un di acara-acara baru-baru ini sebenarnya adalah seorang penipu, menunjukkan bahwa penampilannya berbeda dari masa lalu, dengan penurunan berat badan yang substansial.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rumor Kesehatan Kim Jong-un Memburuk Sejak 2020

Spekulasi tentang kesehatan Kim Jong-un telah diangkat oleh media secara teratur sejak 2020.

Pada bulan Juli, National Intelligence Service atau Badan Intelijen Nasional (NIS) menepis rumor tentang masalah kesehatan Kim Jong-un sebagai "tidak berdasar."

Pemimpin Korea Utara awal bulan ini menghadiri pameran pengembangan pertahanan di Pyongyang dan menyerukan peningkatan kemampuan militer. Dia juga terlihat merokok dengan pejabat di acara tersebut, menurut foto yang dirilis oleh Korea Utara.

3 dari 3 halaman

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.