Sukses

684 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca Donasi Selandia Baru Tiba di Indonesia

Donasi vaksin COVID-19 ini merupakan kontribusi terbaru dari Selandia Baru dalam kerja samanya dengan Indonesia untuk merespons pandemi.

Liputan6.com, Jakarta - Donasi 684.400 dosis vaksin AstraZeneca dari Selandia Baru melalui Fasilitas COVAX ke Indonesia telah tiba di Tanah Air.

Donasi melalui COVAX mendukung upaya internasional agar bisa membuka akses untuk mendapatkan vaksin COVID-19 secara adil untuk semua orang.

Donasi ini merupakan kontribusi terbaru dari Selandia Baru dalam kerjasamanya dengan Indonesia untuk merespons pandemi, demikian disampaikan dalam rilis yang diterima Liputan6.com pada Selasa (26/10/2021) dari Kedubes Selandia Baru.

Selandia Baru akan terus mendukung Indonesia menghadapi tantangan COVID-19, bekerja sama dengan otoritas Indonesia termasuk Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri.

“Sumbangan vaksin tambahan untuk Indonesia ini merupakan kontribusi Selandia Baru yang paling signifikan di luar Pasifik, yang mencerminkan kemitraan kerjasama pembangunan Selandia Baru dengan Indonesia dan komitmen Selandia Baru untuk menciptakan lingkungan yang aman, sehat,dan tangguh,” kata Duta Besar Selandia Baru Kevin Burnett .

“Selama 18 bulan terakhir Selandia Baru telah menyumbangkan NZ$ 12,7 juta untuk membantu Indonesia dalam menanggapi situasi COVID-19, termasuk dukungan untuk pencegahan dan komunikasi risiko, peluncuran vaksin, kemampuan pengujian PCR, dan pengiriman alat pelindung diri dan juga pasokan kebersihan, kami juga ikut berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas pengurutan genom dengan Institut Eijkman,” kata Duta Besar Selandia Baru Kevin Burnett.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Donasi 100 Ventilator Airvo

Selandia Baru juga telah mendonasikan 100 ventilator Airvo 2 non-invasif dari Fisher & Paykel Healthcare untuk menjawab kebutuhan mendesak akan peralatan medis di Indonesia pada Juli 2021.

“Saat jumlah kasus di Indonesia sangat tinggi beberapa bulan yang lalu, Selandia Baru mengirimkan peralatan medis seperti ventilator dan rapid test serta memberikan dukungan tambahan kepada lembaga Eijkman untuk kolaborasi dan kerjasama yang diberikan selama pandemi ini," kata Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi.

"Atas nama pemerintah Indonesia dan rakyat Indonesia, saya sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah dan rakyat Selandia Baru. Tena koutou, Aotearoa!,"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.