Sukses

NASA Deteksi Pertanda Planet di Luar Galaksi

Adanya tanda-tanda planet di luar galaksi Bima Sakti.

Liputan6.com, Washington - NASA telah mendeteksi tanda-tanda tentang adanya planet yang mengorbit bintang di luar galaksi Bima Sakti untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Planet yang mengorbit bintang ini disebut planet ekstrasurya baru. Petunjuk tentang planet ekstrasurya baru terseteksi di Messier 51, juga dikenal sebagai M51 atau Whirlpool Galaxy (Galaksi Pusaran Air).

Chandra X-ray Observatory NASA mendeteksi kemungkinan sinyal planet dengan mengamati transit, yang menyebabkan cahaya redup saat sebuah planet lewat di depan bintang, seperti dikutip dari Nine News, Selasa (26/10/2021).

"Kami mencoba membuka arena baru untuk menemukan dunia lain dengan mencari kandidat planet pada panjang gelombang sinar-X, sebuah strategi yang memungkinkan untuk menemukannya di galaksi lain," kata Rosanne Di Stefano dari Center for Astrophysics di Harvard dan Smithsonian (CfA) di Cambridge.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terdeteksi Hampir 5.000 Eksoplanet

Sejauh ini hampir 5.000 planet di luar (eksoplanet) telah ditemukan dan telah terdeteksi di dalam galaksi Bima Sakti.

Sebuah planet ekstrasurya di M51 akan berjarak sekitar 28 juta tahun cahaya.

"Jika sebuah planet ada dalam sistem ini, kemungkinan besar ia memiliki sejarah yang kacau dan masa lalu yang penuh kekerasan," tulis badan antariksa itu di situsnya.

"Sebuah planet ekstrasurya dalam sistem harus bertahan dari ledakan supernova yang menciptakan bintang neutron atau lubang hitam."

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.