Sukses

Kembali Terima Wisatawan Asing, AS Rilis Sejumlah Aturan Pariwisata Baru

Presiden Joe Biden merilis sejumlah aturan pariwisata terbaru.

Liputan6.com, Washington D.C - Gedung Putih telah menguraikan aturan baru untuk pelancong asing ke AS, ketika pembatasan penerbangan dicabut untuk pertama kalinya sejak pandemi dimulai pada 2020.

Dilansir dari laman BBC, Selasa (26/10/2021), rencana untuk membuka kembali perbatasan AS bulan depan untuk penerbangan asing mencakup persyaratan bahwa hampir semua pengunjung asing divaksinasi terhadap Covid.

Larangan perjalanan AS telah berkembang untuk memasukkan puluhan negara, termasuk Inggris, sebagian besar Eropa, China dan India.

Industri pariwisata telah meminta Presiden AS Joe Biden untuk mencabut larangan tersebut.

Awalnya diberlakukan oleh Donald Trump, larangan penerbangan dari sebagian besar negara asing diperpanjang ketika Biden mengambil alih kekuasaan pada Januari 2021.

Aturan tersebut melarang sebagian besar pengunjung dari Brasil, China, Afrika Selatan, Inggris, 26 negara Schengen di Eropa, Irlandia, India, dan Iran. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aturan Baru dari Joe Biden

Aturan yang ditandatangani oleh Biden pada hari Senin mengatakan bahwa maskapai penerbangan akan diminta untuk memeriksa status vaksinasi para pelancong sebelum mereka dapat naik ke pesawat yang berangkat.

“Adalah kepentingan Amerika Serikat untuk menjauh dari pembatasan negara demi negara yang sebelumnya diterapkan selama pandemi Covid-19 dan untuk mengadopsi kebijakan perjalanan udara yang terutama bergantung pada vaksinasi untuk memajukan dimulainya kembali perjalanan udara internasional dengan aman ke Amerika Serikat," kata pernyataan Biden.

Maskapai penerbangan harus mengonfirmasi bahwa bukti vaksinasi berasal dari "sumber resmi" dan telah diterima setidaknya dua minggu sebelumnya. 

Setiap vaksin yang disetujui oleh regulator kesehatan AS akan diterima.

Pelancong yang tidak divaksinasi, termasuk orang Amerika, harus menunjukkan tes Covid negatif yang diambil dalam satu hari keberangkatan.

Anak-anak di bawah usia 18 tahun akan dibebaskan dari persyaratan vaksinasi tetapi tetap harus memberikan tes negatif yang diambil dalam tiga hari perjalanan.

Pembatasan baru mulai berlaku pada 8 November.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.