Sukses

Korsel Mulai Hidup Normal pada November 2021 Berkat Vaksinasi COVID-19 Tembus 70%

Tingkat vaksinasi COVID-19 di Korea Selatan telah tembus 70 persen.

Liputan6.com, Seoul - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengumumkan bahwa negaranya akan mulai kembali hidup normal pada November 2021. Pasalnya, tingkat vaksinasi di Korsel sudah tembus 70 persen.

Berdasarkan laporan Yonhap, Senin (25/10/2021), ada 35,9 juta warga Korsel yang mendapat vaksin COVID-19 secara penuh dari total 52 juta populasi. Target pemerintah lantas tercapai.

Kasus harian Virus Corona COVID-19 di Korsel juga dinilai sudah terkendali. Per Minggu (24/10), otoritas kesehatan mencatat 1.4230 kasus baru COVID-19.

"Berdasarkan pengendalian yang stabil dan tingkat vaksinasi yang tinggi, kita akan mulai kembalinya secara bertahap menuju kehidupan normal," ujar Presiden Moon Jae-in.

"Hal tersebut akan dimulai diterapkan dengan sungguh-sungguh pada November," tegasnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pijakan Harapan

Kembalinya ke kehidupan normal disebut Presiden Moon sebagai "threshold of hope."

Sebagai catatan, penggunaan masker akan tetap wajib setelah November agar virus tak menyebar. Aturan-aturan pencegahan lain juga tetap dijalankan.

Presiden Moon turut memastikan bahwa bisnis-bisnis kecil masih akan diberikan bantuan. Bantuan juga disalurkan bagi orang-orang rentan yang terdampak keras oleh pandemi.

Ketika aturan social distancing sedang ketat, Korsel melarang kumpul-kumpul di restoran atau bar.

Kemudian, aturan perlahan dilonggarkan. Industri hiburan seperti musik masih bisa tampil di acara TV, meski konser masih dilarang.

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.