Sukses

Taliban Bunuh 3 Antek ISIS dalam 3 Jam Baku Tembak

Para antek pemerintah Taliban yang baru memojokkan geng terduga penculik Daesh atau ISIS di sebuah gedung tinggi di Afghanistan.

Liputan6.com, Herat - Pasukan Taliban terlibat baku tembak selama tiga jam dengan sekelompok terduga penculik Daesh atau ISIS pada hari Minggu 24 Oktober 2021, menewaskan tiga dari mereka, kata para pejabat.

Bentrokan itu meletus di Kota Herat, Afghanistan barat, ketika para antek pemerintah Taliban yang baru memojokkan geng itu di sebuah gedung tinggi, kata Komando Polisi Herat dalam sebuah pernyataan dikutip dari Arab News, Senin (25/10/2021).

Penduduk setempat mengatakan mereka mendengar suara senjata ringan dan yang lebih berat digunakan dalam pertempuran itu. Sementara polisi mengatakan tiga anggota Daesh tewas dan dua dari Taliban terluka dalam bentrokan itu.

Video yang beredar di media sosial tampaknya menunjukkan bahwa setidaknya satu tersangka ditembak mati setelah dia ditahan dan dilucuti senjatanya, selama perkelahian dengan para penculiknya.

Rekaman itu juga menunjukkan pasukan Taliban yang menang mengemudi melalui Kota Herat di Afghanistan barat, dengan tiga jasad terlihat di bagian belakang truk pikap, ketika para pendukung yang bersorak mengikuti dengan skuter.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antek ISIS Tewas dalam Baku Tembak

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan saat ini, Qari Sayed Khosti mentweet bahwa tiga anggota Daesh-Khorasan terlibat dalam penculikan besar-besaran di Provinsi Herat.

"Pasukan khusus mengepung mereka, dan mereka mulai menembak. Orang-orang itu tewas dalam baku tembak dengan pasukan keamanan."

Taliban merebut kekuasaan di Afghanistan pada pertengahan Agustus, menggulingkan pemerintah yang didukung AS sebelumnya, dan telah berjanji untuk memulihkan stabilitas setelah perang 20 tahun. Tetapi upaya mereka telah dirusak oleh serangkaian serangan yang diklaim oleh Daesh-K/ISIS-K, kelompok ekstremis Sunni garis keras lainnya yang memiliki persaingan sengit dengan Taliban.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.