Sukses

Kesuksesan China Tes Rudal Nuklir Hipersonik Picu Perlombaan Senjata Baru

Berita bahwa China telah menguji rudal hipersonik berkemampuan nuklir baru digambarkan oleh beberapa orang sebagai pengubah permainan yang mengejutkan para pejabat AS.

Liputan6.com, Beijing - Berita bahwa China telah menguji rudal hipersonik berkemampuan nuklir baru digambarkan oleh beberapa orang sebagai pengubah permainan yang mengejutkan para pejabat AS.

Dua kali di musim panas, militer China meluncurkan roket ke luar angkasa yang mengelilingi dunia sebelum melaju menuju targetnya.

Pada kesempatan pertama, ia melewatkan targetnya sekitar 24 mil (40 km), menurut orang-orang yang diberi pengarahan tentang intelijen yang berbicara kepada Financial Times, yang melaporkan untuk pertama kali.

Sementara beberapa politisi dan komentator AS khawatir dengan kemajuan China yang jelas, Beijing dengan cepat menyangkal laporan itu, bersikeras bahwa ini sebenarnya adalah tes pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan kembali.

Penolakan China adalah "tindakan kebingungan" kata Jeffrey Lewis, direktur Program Non-Proliferasi Asia Timur di Middlebury Institute of International Studies di Monterey, California, karena cerita itu telah dikonfirmasi oleh para pejabat AS yang berbicara kepada media lain.

Dan dia menemukan klaim bahwa China menguji sistem pemboman orbital [FOB] baik "secara teknis masuk akal dan masuk akal secara strategis untuk Beijing".

Baik cerita FT dan penolakan China bisa benar, kata Aaron Stein, direktur penelitian di Foreign Policy Institute di Philadelphia.

"Pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan kembali adalah glider hipersonik. Sistem FOB yang disampaikan melalui semacam glider akan melakukan banyak hal yang sama dengan pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan kembali, jadi saya pikir perbedaan sebenarnya antara kedua cerita itu marjinal. "

Memang selama beberapa bulan terakhir sejumlah pejabat senior AS telah mengisyaratkan perkembangan China semacam ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warisan Uni Soviet Saat Perang Dingin

Gagasan itu dikejar oleh Uni Soviet selama Perang Dingin dan sekarang tampaknya sedang dihidupkan kembali oleh China. Idenya adalah untuk senjata yang memasuki orbit parsial di sekitar bumi untuk menyerang target dari arah yang tak terduga.

Apa yang tampaknya telah dilakukan China adalah menggabungkan teknologi FOBS dengan glider hipersonik - mereka meluncur di sepanjang tepi luar atmosfer menghindari radar dan pertahanan rudal - ke dalam sistem baru. Tapi mengapa?

"Beijing khawatir bahwa Amerika Serikat akan menggunakan kombinasi kekuatan nuklir modern dan pertahanan rudal untuk menghilangkan pencegah nuklir mereka," kata Lewis.

"Jika AS menyerang Beijing terlebih dahulu, yang secara terbuka kami pertahankan opsi untuk melakukannya, sistem pertahanan rudal di Alaska mungkin dapat menangani sejumlah kecil senjata nuklir China yang bertahan."

Semua pemain nuklir utama sedang mengembangkan sistem hipersonik tetapi melihatnya secara berbeda, kata Aaron Stein. Dan sudut pandang yang berbeda ini, menurutnya, memberi makan paranoia pihak lain, memicu perlombaan senjata.

Baik Beijing dan Moskow memandang hipersonik sebagai sarana untuk memastikan kekalahan pertahanan rudal, ia percaya. Namun sebaliknya, AS berencana untuk menggunakannya untuk menyerang apa yang disebut target keras seperti hal-hal yang mendukung komando dan kontrol nuklir, menggunakan hulu ledak konvensional atau non-nuklir.

 

3 dari 3 halaman

Terobosan Senjata China, Perlombaan Senjata Baru

Beberapa pendukung modernisasi nuklir AS yang cepat telah melihat tes China baru-baru ini sebagai "momen Sputnik" referensi ke kejutan dan alarm yang terdaftar di AS di satelit orbital pertama Uni Soviet pada akhir 1950-an.

Tetapi beberapa ahli tidak setuju dan tidak percaya tes oleh China ini menciptakan ancaman baru. James Acton dari Carnegie Endowment for International Peace mengatakan AS telah rentan terhadap serangan nuklir oleh China setidaknya sejak 1980-an.

Namun dia berpikir program Intensif China, Rusia dan Korea Utara untuk mengalahkan pertahanan rudal AS harus mendorong AS untuk mempertimbangkan kembali apakah perjanjian yang memberlakukan batasan pada pertahanan semacam itu, bagaimanapun juga, demi kepentingan AS.

Lewis menekankan bahwa yang penting sekarang adalah bagi AS untuk menarik kesimpulan yang tepat.

"Saya khawatir ini jauh lebih seperti 9/11 di mana setelah kejutan dan terhuyung-huyung dari campuran ketakutan dan kerentanan, kami memulai serangkaian keputusan kebijakan luar negeri bencana yang membuat kami jauh kurang aman.

"Bahkan, salah satu hal yang kami lakukan adalah menarik diri dari Rudal Anti-Balistik atau Perjanjian ABM, yang jauh lebih bertanggung jawab atas pengembangan sistem ini oleh China daripada yang lainnya."

Musuh potensial Amerika semua berusaha untuk memodernisasi dan meningkatkan persenjataan nuklir mereka.

Namun, persenjataan China masih dikerdilkan oleh Amerika Serikat. Tetapi kekhawatiran tentang pertahanan rudal AS dan sistem serangan jarak jauh presisi konvensional semuanya mendorongnya untuk mengembangkan persenjataan nuklir yang lebih besar dan lebih beragam.

Korea Utara juga berusaha memodernisasi dan memperbaiki kemampuan nuklirnya, paling tidak, seperti yang dicatat Ankit Panda dari Carnegie Endowment, untuk mengamankan pengaruh tambahan dalam diplomasi masa depan.

"Selama beberapa tahun sekarang," katanya, "mereka menuntut untuk diperlakukan oleh Amerika Serikat sebagai setara dan melihat pengembangan kemampuan nuklir dan rudal yang semakin canggih sebagai salah satu cara untuk mendapatkan rasa hormat itu."

 

* Artikel ini merupakan analisis Jonathan Marcus, profesor emeritus di Strategy and Security Institute, University of Exeter, Inggris, yang diterjemahkan dari BBC (24/10/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.