Sukses

Lukisan Picasso Terjual Hampir 1,5 Triliun Rupiah dalam Sebuah Lelang di Las Vegas

Mahakarya Picasso dijual dalam sebuah lelang di Bellagio Hotel, hasil total yang di raup hampir 1,5 triliun Rupiah.

Liputan6.com, Las Vegas - Sebelas karya seni Pablo Picasso yang telah dipajang di sebuah hotel Las Vegas selama lebih dari dua dekade telah terjual di lelang dengan harga hampir 110 juta USD atau setara dengan 1,5 triliun Rupiah.

Karya yang dimiliki oleh MGM Resorts, ditampilkan di Picasso Restaurant di Bellagio Hotel.

Perusahaan mengatakan bahwa lelang yang diadakan pada hari Sabtu akan membantu meningkatkan keragaman koleksi seni rupa. Dalam lelang tersebut menampilkan sembilan lukisan dan dua potong keramik oleh seniman Spanyol, yang telah meninggal pada tahun 1973. Koleksinya mencakup lebih dari 50 hasil artistik.

Lukisan tahun 1938 Woman in a Red-Orange Baret, menmapilkan kekasih dan inspirasi Picasso, Marie-Thérèse Walter. Seseorang menawar dan mendapatkan harga tertinggi pada malam itu dengan 40,5 juta USD (576 miliar Rupiah).

Nilai penjualan itu melebihi ekspektasi awal, yang sekiranya akan dijual dengan harga antara 20 juta USD sampai 30 juta USD (284 miliar Rupiah - 426 miliar Rupiah).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lukisan Pada Masa Perang Dunia Kedua

Mahakarya lainnya, ialah potret dalam skala besar dengan judul Homme et Enfant (Pria dan anak) yang terjual seharga 24,4 juta USD (347 miliar Rupiah).

"Dengan tinggi hampir 2 m (6,5 kaki), karya tahun 1959 itu adalah salah satu contoh sangat mengesankan dari pencapaian Picasso selama karirnya," kata rumah lelang, Sothebey's.

Masih termasuk dalam penjualan, karyanya yang berjudul 'Nature morte au panier defruits et aux fleurs' jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, berarti 'Masih hidup dengan keranjang buah dan bunga', yang dilukis oleh Picasso selama pendudukan Nazi di Paris pada tahun 1942. Terjual dengan harga 16,6 juta USD (236 miliar Rupiah).

"Meskipun ada kehancuran dan banyaknya kesulitan pada masa Perang Dunia Kedua, tahun-tahun 1940-1944 merupakan salah satu hasil terkaya Picasso," kata Sotheby's.

Koleksi lukisan Picasso dimulai lebih dari 20 tahun lalu oleh maestro kasino Amerika, Steve Wynn, mantan pemiliki Bellagio Hotel.

 

Penulis : Azarine Natazia

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini