Sukses

Inggris Waspadai COVID-19 Varian Delta Plus AY.4.2 yang Bisa Lebih Menular

Virus corona COVID-19 varian Delta baru yang bermutasi dinilai dapat menyebar lebih cepat daripada varian Delta biasa, para ahli di Inggris memperingatkan.

Liputan6.com, London - Virus corona COVID-19 varian Delta baru yang bermutasi dinilai dapat menyebar lebih cepat daripada varian Delta biasa, para ahli di Inggris memperingatkan.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) telah memindahkan varian 'Delta Plus' ke dalam kategori "varian yang sedang diselidiki", untuk mencerminkan kemungkinan risiko ini.

Belum ada bukti bahwa itu menyebabkan penyakit yang lebih buruk.

Dan para ilmuwan yakin bahwa vaksin yang ada masih bisa bekerja dengan baik untuk melindungi orang.

Meskipun Delta reguler masih menyumbang sebagian besar infeksi Covid-19 di Inggris, kasus 'Delta Plus' atau AY.4.2 telah meningkat.

Data resmi terbaru menunjukkan 6% kasus Covid-19 di Inggris adalah jenis ini.

Para ahli masih meragukan apakah virus varian tersebut dapat melarikan diri dari vaksin saat ini, tetapi, para pejabat mengatakan ada beberapa bukti awal bahwa itu mungkin memiliki tingkat pertumbuhan yang meningkat di Inggris dibandingkan dengan varian Delta reguler.

"Sub-garis keturunan ini telah menjadi semakin umum di Inggris dalam beberapa bulan terakhir, dan ada beberapa bukti awal bahwa itu mungkin memiliki tingkat pertumbuhan yang meningkat di Inggris dibandingkan dengan Delta," kata UKHSA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Belum Dikategoriikan sebagai Varian of Concerns

Tidak seperti Delta, bagaimanapun, varian 'Delta Plus' belum dianggap sebagai "varian perhatian (variant of concerns)" --kategori tertinggi yang diberikan untuk varian sesuai dengan tingkat risiko mereka.

Ada ribuan jenis - atau varian - Covid yang beredar di seluruh dunia. Virus bermutasi sepanjang waktu, sehingga tidak mengherankan untuk melihat versi baru muncul.

AY.4.2 adalah cabang dari Delta yang mencakup beberapa mutasi baru yang mempengaruhi protein spike, yang digunakan virus untuk menembus sel-sel kita.

Mutasi - Y145H dan A222V - telah ditemukan di berbagai garis keturunan virus corona lainnya sejak awal pandemi.

Beberapa kasus juga telah diidentifikasi di AS. Ada beberapa di Denmark, tetapi infeksi baru dengan AY.4.2 sejak itu turun.

Inggris sudah menawarkan dosis booster vaksin Covid-19 kepada orang-orang berisiko tinggi menjelang musim dingin, untuk memastikan mereka memiliki perlindungan penuh terhadap virus corona.

Tidak ada saran bahwa vaksin booster akan diperlukan untuk melindungi terhadap salah satu varian virus pandemi yang ada. Namun seruan untuk dosis tambahan telah diumumkan oleh Inggris.

Dr Jenny Harries, Kepala Eksekutif UKHSA, mengatakan: "Saran kesehatan masyarakat sama untuk semua varian saat ini. Dapatkan vaksinasi dan, bagi mereka yang memenuhi syarat, maju untuk dosis ketiga atau booster Anda sesuai segera setelah Anda dipanggil.

"Terus berhati-hatilah. Kenakan masker di ruang yang ramai dan, ketika bertemu orang-orang di dalam ruangan, buka jendela dan pintu untuk ventilasi ruangan. Jika Anda memiliki gejala, lakukan tes PCR dan isolasi di rumah sampai Anda menerima hasil negatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.