Sukses

25 Oktober 1983: Khawatir Akan Ancaman Komunisme, AS Invasi Grenada

Presiden AS Ronald Reagan, mengutip ancaman Komunis-Marxis, memerintahkan Marinir AS untuk menyerang Grenada dengan tujuan menumbangkan pemerintah negara Amerika Tengah tersebut.

Liputan6.com, Saint George - Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan, mengutip ancaman Komunis-Marxis, memerintahkan Marinir AS untuk menyerang Grenada dengan tujuan menumbangkan pemerintah negara Amerika Tengah tersebut.

Ada hampir 1.000 orang Amerika di Grenada pada saat itu, banyak dari mereka siswa di sekolah kedokteran.

Dalam waktu kurang dari seminggu, pemerintahan Grenada digulingkan oleh pasukan militer AS, demikian seperti dikutip dari History, Senin (25/10/2021).

Situasi di Grenada telah menjadi perhatian para pejabat Amerika sejak 1979, ketika Maurice Bishop yang ber haluan 'kiri' merebut kekuasaan dan mulai mengembangkan hubungan dekat dengan Kuba, yang dekat dengan Uni Soviet --seteru utama AS pada Perang Dingin.

Pada tahun 1983, seorang Marxis lainnya, Bernard Coard, membunuh Uskup dan mengambil alih pemerintahan.

Para pengunjuk rasa bentrok dengan pemerintah baru dan kekerasan meningkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Invasi Pasukan AS ke Grenada

Mengutip bahaya bagi warga AS di Grenada, Reagan memerintahkan hampir 2.000 tentara AS ke pulau itu, di mana mereka segera menemukan diri mereka menghadapi tentangan dari angkatan bersenjata Grenada dan kelompok insinyur militer Kuba di Grenada untuk memperbaiki dan memperluas bandara pulau itu.

Hal-hal tidak terbantu oleh fakta bahwa pasukan AS harus bergantung pada intelijen yang sangat minim tentang situasi tersebut. Peta yang digunakan oleh banyak dari mereka, pada kenyataannya, peta wisata tua pulau itu.

Reagan memerintahkan lebih banyak pasukan, dan pada saat pertempuran dilakukan, hampir 6.000 tentara AS berada di Grenada. Hampir 20 dari pasukan ini tewas dan lebih dari seratus lainnya terluka; Lebih dari 60 tentara Grenada dan Kuba tewas.

Pemerintahan Coard runtuh dan digantikan oleh yang dapat diterima oleh Amerika Serikat.

Sejumlah orang Amerika skeptis terhadap justifikasi Reagan terhadap invasi tersebut, mencatat bahwa itu terjadi hanya beberapa hari setelah ledakan bencana dalam instalasi militer AS di Lebanon menewaskan lebih dari 240 tentara AS, mempertanyakan penggunaan kekuatan militer untuk mencapai tujuan AS.

Namun demikian, pemerintahan Reagan mengklaim kemenangan besar, menyebutnya sebagai "kemunduran" pertama pengaruh komunis sejak awal Perang Dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini