Sukses

Selandia Baru Targetkan 90 Persen Vaksinasi Sebelum Akhiri Masa Lockdown

Pemerintah Selandia Baru menargetkan target 90% vaksinasi sebelum bisa mengakhiri lockdown.

Liputan6.com, Wellington - Selandia Baru menetapkan target vaksinasi 90 persen pada Jumat (22/10) sebelum bisa mengakhiri lockdown ketika Perdana Menteri Jacinda Ardern meluncurkan rencana untuk membuka wilayah meskipun ada bahaya dari varian Delta.

Ardern mengatakan tujuannya telah bergeser dari menghilangkan COVID-19 menjadi meminimalkan penyebarannya di masyarakat dengan meningkatkan vaksinasi. Demikian seperti mengutip laman Channel News Asia, Jumat (22/10/2021).

Dia mengatakan perubahan itu berarti warga Selandia Baru tidak akan tunduk pada perintah tinggal di rumah dan penutupan bisnis, asalkan mereka sepenuhnya divaksin.

"Kita tidak bisa meminta orang yang divaksinasi untuk tinggal di rumah selamanya," katanya kepada wartawan.

Sekitar 86 persen warga Selandia Baru yang memenuhi syarat telah mendapatkan dosis vaksin pertama mereka dan 68 persen mendapat suntikan ganda.

Ardern mendapat pujian luas atas tanggapan awalnya terhadap virus corona, yang melibatkan lockdown ketat, pelacakan kontak yang ketat, dan pembatasan perbatasan yang ketat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Diminta Vaksin

Kebijakan "Covid zero" mengakibatkan hanya 28 kematian dalam populasi 5 juta dan kehidupan rumah tangga mendekati normal untuk waktu yang lama.

Tetapi Ardern mengatakan itu tidak lagi layak karena wabah varian Delta yang sangat menular terdeteksi di Auckland pada bulan Agustus.

"Tentakelnya telah menjangkau komunitas kami dan membuatnya sulit untuk diguncang, bahkan menggunakan langkah-langkah kesehatan masyarakat terbaik dan pembatasan terberat yang kami miliki untuk kami," katanya.

Ardern mengatakan kebijakan baru itu akan memberi harapan bagi hampir 2 juta penduduk Auckland yang telah menjalani penguncian keras selama sembilan minggu.

"Jika Anda ingin musim panas, jika Anda ingin pergi ke bar dan restoran, lakukan vaksinasi," katanya.

"Jika Anda divaksinasi, Anda akan dapat menikmati hal-hal yang Anda sukai, aman karena mengetahui bahwa orang-orang di sekitar Anda dan lingkungan tempat Anda berada seaman mungkin di dunia COVID."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.