Sukses

22 Oktober 2001: Warga Inggris Bersiap Hadapi Banjir Terburuk dalam 20 Tahun

Ramalan cuaca memperkirakan hujan yang lebih deras akan menyusul sebagai banjir terburuk dalam 20 tahun pada 22 Oktober 2001.

Liputan6.com, London - Waga kota dan desa di Cambridgeshire dan Essex mewaspadai banjir karena ramalan cuaca memperkirakan hujan deras akan menyusul sebagai banjir terburuk dalam 20 tahun pada 22 Oktober 2001.

Meskipun hujan lebat memang terjadi, namun tidak separah yang diperkirakan. Peringatan banjir tetap berlaku sampai akhir pekan saat itu dan operasi pembersihan besar-besaran dimulai. Badan Lingkungan (EA) dikritik habis-habisan setelah dianggap gagal memenuhi janjinya untuk menangani banjir sebelumnya.

Dikutip dari laman BBC, Jumat (22/10/2021), kerusakan properti yang terjadi di dekat sungai di East Anglia akan menelan biaya ratusan ribu pound atau sekitar miliaran rupiah.

Braintree di Essex terkena dampak paling parah dengan curah hujan 70 mm dalam enam jam. Banyak warga yang terdampar saat jalan dan desa terputus karena banjir.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringatan banjir

Peringatan banjir telah dikeluarkan untuk sungai Cam, Colne dan Roman, Chelmer, Blackwater dan Brain, Pant, Tendring dan semenanjung Stour, Stour Brook dan Stour.

Manajer pengawas banjir regional Badan Lingkungan Jonathan Wortley mengatakan: "Masalah terbesar bagi kami adalah di daerah Braintree. Sekarang masuk ke anak-anak sungai dan kami membuat orang-orang kebanjiran akibat banjir di daerah hulu sungai."

Seorang juru bicara polisi mengatakan: "Layanan darurat sangat sibuk sepanjang malam dan tetap sibuk. Kami diberitahu tentang sekitar 200 jalan yang terkena banjir dan kami mendesak pengemudi untuk berhati-hati."

Dewan Cambridgeshire Selatan terus mendistribusikan karung pasir kepada penduduk dan perusahaan - terkadang sebanyak 400 karung pasir dalam setengah jam.

David Pickett dari Kapel, dekat Colchester, harus diselamatkan ketika dia tersapu oleh air banjir. Pria berusia 27 tahun itu berhasil meraih sebatang pohon untuk menghentikan dirinya dibawa ke Sungai Colne.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.