Amerika Serikat Berencana Beri Vaksin COVID-19 pada Anak Usia 5-11 Tahun

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 21 Okt 2021, 12:03 WIB
Diperbarui 21 Okt 2021, 12:03 WIB
Gedung Putih  AS (unsplash)
Perbesar
Gedung Putih AS (unsplash)

Liputan6.com, New York - Gedung Putih mengumumkan rencana peluncuran vaksin COVID-19 untuk anak-anak usia 5 hingga 11 tahun, sambil menunggu persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat.

"Untuk mengantisipasi pertemuan komite penasihat independen FDA pada 26 Oktober dan pertemuan komite penasihat independen CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS) 2 hingga 3 November, hari ini Administrasi Joe Biden mengumumkan rencana untuk memastikan bahwa, jika vaksin diizinkan untuk anak-anak usia 5 hingga 11 tahun, itu akan segera didistribusikan dengan cepat dan tersedia dengan mudah serta merata untuk keluarga di seluruh negeri," kata pihak Gedung Putih mengumumkan dalam sebuah pernyataan.

Dimulainya program vaksinasi untuk anak-anak usia 5 hingga 11 tahun akan tergantung pada proses dan garis waktu FDA dan CDC independen, kata Gedung Putih, demikian dikutip dari Xinhua, Kamis (21/10/2021).

Pemerintahan Joe Biden telah mendapatkan cukup vaksin untuk mendukung vaksinasi bagi 28 juta anak di negara itu yang berusia 5 hingga 11 tahun, menurut Gedung Putih.

Koordinator Urusan COVID-19 Gedung Putih Jeffrey Zients mengatakan bahwa pemerintahan Joe Biden punya tujuan untuk "merencanakan ke depan sehingga kita dapat mulai bekerja," tetapi para ahli di FDA dan CDC akan menentukan keputusan akhir.

Penasihat vaksin untuk FDA dijadwalkan bertemu minggu depan untuk membahas data tentang keamanan dan kemanjuran vaksin pediatrik Pfizer-BioNTech.

Jika disahkan oleh FDA, vaksin Pfizer-BioNTech akan menjadi vaksin COVID-19 pertama untuk anak-anak.

Panel penasihat vaksin CDC dijadwalkan bertemu pada 2 dan 3 November untuk mempertimbangkan rekomendasi penggunaan. Jika direktur CDC menandatangani rekomendasi untuk digunakan, vaksin dapat diberikan kepada anak-anak usia 5 hingga 11 tahun di Amerika Serikat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Vaksin Telah Digunakan Untuk Remaja

AS Longarkan Pembatasan Perjalanan Virus Corona
Perbesar
Wisatawan keluar dari pintu kedatangan Internasional di Bandara Miami, Florida, Senin (20/9/2021). Amerika Serikat akan mencabut larangan perjalanan covid-19 pada semua penumpang udara yang sudah divaksin lengkap dan menjalani tes serta pelacakan kontak pada November. (Joe Raedle/Getty Images/AFP)

Vaksin Pfizer-BioNTech saat ini sepenuhnya disetujui untuk orang berusia 16 tahun ke atas, dan memiliki izin penggunaan darurat dari FDA untuk anak-anak usia 12 hingga 15 tahun.

Pfizer mengatakan bulan lalu bahwa uji coba Fase 2/3 menunjukkan vaksin COVID-19-nya aman dan menghasilkan respons antibodi "kuat" pada anak-anak usia 5 hingga 11 tahun.

Uji coba tersebut melibatkan 2.268 peserta berusia 5 hingga 11 tahun, dan menggunakan rejimen dua dosis vaksin yang diberikan dengan jarak 21 hari.

Percobaan ini menggunakan dosis 10 mikrogram, yang lebih kecil dari dosis 30 mikrogram yang telah digunakan untuk mereka yang berusia 12 tahun ke atas.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya