Sukses

Sejarah Nama Old Trafford yang Jadi Markas Manchester United

Nama Trafford ternyata berasal dari keluarga bangsawan di Manchester.

Liputan6.com, Manchester - Old Trafford merupakan markas klub sepak bola Manchester United yang berlokasi di Trafford. Stadium ini menjadi tempat wajib yang dikunjungi bagi penggemar MU di seluruh dunia. 

Bila melihat sejarahnya, stadium ini secara resmi dibuka pada 1910. Pertandingan pertama adalah antara Manchester United melawan Liverpool.  

Situs resmi Manchester United mencatat bahwa dulunya stadium ini pernah menjadi basis militer ketika Perang Dunia II. 

Old Trafford juga dikenal sebagai "Theater of Dreams", namun menariknya nama Trafford ternyata berasal dari keluarga aristokrat.

Berikut kisahnya: 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keluarga DeTrafford

Old Trafford sejatinya adalah nama area di Greater Manchester. Lokasinya ada di barat daya pusat kota Manchester.

Manchester Evening News menyebut nama Old Trafford kemungkinan berasal dari Old Trafford Hall dan New Trafford Hall. 

Nama Trafford itu merujuk pada keluarga de Trafford yang merupakan bagian dari aristokrat di Inggris. Old Hall itu sudah digusur pada 1939.

Markas MU yang dibangun di area Old Trafford Hall lantas menggunakan nama Old Trafford juga. 

Beberapa tahun lalu, sempat ada wacana untuk mengganti nama Old Trafford, seperti halnya Etihad Stadiums yang dulunya bernama stadium Eastlands. 

Akan tetapi, wacana itu dimentahkan, sebab nama Old Trafford sudah menjadi ikon. Mengubah nama Old Trafford pun dinilai bisa berdampak secara komersial.

3 dari 3 halaman

Old Trafford Tak Hanya Stadium

Manchester Evening News menyebut wilayah Old Trafford tak hanya memiliki sejarah olahraga.

Ada sejarah panjang di area ini. Pada 1857, ada ajang Art Treasures Exhibition yang memamerkan barang-barang kesenian bernilai tinggi di seluruh dunia.

Ratu Victoria juga sempat mengunjungi pameran tersebut.

Tempo dulu, area Trafford menjadi favorit orang-orang kaya untuk membangun rumah besar, meski pada 1960-1970 banyak rumah-rumah tua era Victoria itu yang digusur.

Selain Manchester United, olahraga lain yang terkenal di Old Trafford adalah Manchester Cricket Club yang dibentuk pada 1857. Nama klub itu kemudian berganti menjadi Lanchashire Cricket Club.

Pada 19 Februari 1910, barulah Stadium Old Trafford dibuka. Pertandingan perdana adalah Liverpool melawan Manchester United. Pertandingan itu dimenangkan Liverpool.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Old Trafford