Sukses

Koalisi Arab Saudi Bunuh 160 Pemberontak Houthi Yaman dalam Pertempuran di Marib

Pertempuran Marib mengakibatkan 160 pemberontak dibunuh.

Liputan6.com, Marib - Koalisi pimpinan Arab Saudi yang mendukung pemerintah Yaman, mengatakan pada Sabtu 17 Oktober, bahwa mereka telah membunuh 160 pemberontak Houthi dalam serangan di selatan kota strategis Marib, di mana para loyalis mengatakan pemberontak telah membuat kemajuan.

“Kami melakukan 32 serangan, di Abdiya selama 24 jam terakhir. 11 kendaraan militer dihancurkan dan lebih dari 160 elemen teroris dihilangkan,” kata koalisi, dikutip oleh Saudi Press Agency.

Pemberontak jarang mengomentari kerugian dan jumlah korban tidak dapat diverifikasi secara pasti oleh AFP.

Koalisi mengatakan bahwa sejak Senin 11 Oktober, lebih dari 700 pemberontak yang didukung Iran telah tewas dalam serangan udara dalam pertempuran Marib.

Abdiya terletak sekitar 100 kilometer dari Marib, pijakan terakhir pemerintah yang diakui secara internasional di utara.

Pemberontak sekarang "di pusat distrik Abdiya setelah pengepungan selama empat minggu", kata seorang sumber loyalis kepada AFP.

Pejabat itu mengatakan pemberontak telah menculik, memenjarakan dan melecehkan anggota suku Yaman yang mendukung pasukan pro-pemerintah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Krisis Kemanusiaan Terburuk

Hampir 20 tentara loyalis dan anggota suku telah tewas dalam 24 jam terakhir dan 47 terluka, pejabat itu menambahkan. Seorang pejabat militer lainnya memberikan jumlah korban yang sama, seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (17/10/2021).

Houthi memulai dorongan besar untuk merebut Marib pada bulan Februari, lalu setelah lengah, mereka telah memperbarui serangan mereka dalam beberapa pekan terakhir.

Puluhan ribu orang telah mengungsi di provinsi itu tahun ini, hampir 10.000 di antaranya pada bulan September saja, menurut badan migrasi PBB.

Perang saudara Yaman dimulai pada 2014 ketika Houthi merebut ibu kota Sanaa, 120 kilometer barat Marib, mendorong pasukan pimpinan Saudi untuk campur tangan untuk menopang pemerintah pada tahun berikutnya.

Puluhan ribu orang tewas dan jutaan orang mengungsi. PBB menggambarkan perang tersebut sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.