Sukses

Anggota DPR Inggris Tewas Ditikam Saat Forum Warga, Diduga Bermotif Ekstremisme

Anggota parlemen Inggris Sir David Amess tewas ditikam oleh seorang pria dalam sebuah pertemuan rutin dengan warga daerah pemilihan-nya di Leigh-on-Sea, Essex pada Jumat 15 Oktober 2021.

Liputan6.com, Essex - Anggota parlemen Inggris Sir David Amess tewas ditikam oleh seorang pria dalam sebuah pertemuan rutin dengan warga konstituen-nya (daerah pemilihan atau dapil) di Leigh-on-Sea, Essex pada Jumat 15 Oktober 2021.

Pembunuhan anggota parlemen dari Partai Konservatif itu telah dinyatakan sebagai insiden teror oleh polisi, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (16/10/2021).

Polisi Metropolitan (the Met) mengatakan ada "motivasi potensial yang terkait dengan ekstremisme Islam".

Seorang pria Inggris berusia 25 tahun ditangkap di tempat kejadian atas dugaan pembunuhan, dan polisi mengatakan mereka tidak mencari orang lain atas kematian tersebut.

Sebagai bagian dari penyelidikan, petugas sedang melakukan pencarian di dua alamat di daerah London, kata the Met.

Pasukan percaya pria itu bertindak sendiri tetapi penyelidikan tentang keadaan insiden itu terus berlanjut.

Pria itu ditahan di Essex, tambah polisi.

Sumber-sumber pemerintah mengatakan kepada BBC bahwa dia adalah warga negara Inggris yang, dari penyelidikan awal, tampaknya imigran dari Somalia.

Sir David, 69, yang mewakili Southend West, mengadakan 'operasi konstituensi' -- di mana pemilih dapat bertemu anggota parlemen mereka dan mendiskusikan kekhawatiran -- di Gereja Methodist Belfairs pada hari Jumat ketika ia diserang pada pukul 12:05 BST.

Kepala polisi Essex BJ Harrington mengatakan Sir David "hanya mengeluarkan tugasnya ketika hidupnya dipotong pendek secara mengerikan".

The Met mengatakan petugas kontra-terorisme bekerja dengan rekan-rekan dari Kepolisian Essex dan Unit Operasi Spesialis Wilayah Timur (ERSOU).

"Penikaman fatal di Leigh-on-Sea malam ini telah dinyatakan sebagai insiden teroris, dengan penyelidikan dipimpin oleh Counter Terrorism Policing," kata pasukan itu.

"Penyelidikan awal telah mengungkapkan motivasi potensial yang terkait dengan ekstremisme Islam."

Petugas meminta siapa pun yang memiliki informasi tentang insiden itu, atau mereka yang memiliki rekaman dari CCTV, dash cams atau bel pintu video, untuk menghubungi mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Pemerintah inggris

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Priti Patel telah meminta semua pasukan polisi untuk meninjau pengaturan keamanan bagi anggota parlemen "dengan segera".

Patel mengatakan pembunuhan itu "merupakan serangan yang tidak masuk akal terhadap demokrasi itu sendiri", menambahkan bahwa "pertanyaan benar ditanyakan tentang keselamatan perwakilan terpilih negara kita".

Sir David telah menjadi anggota parlemen sejak 1983 dan menikah dengan lima anak. Dia adalah anggota parlemen kedua yang terbunuh dalam lima tahun terakhir, menyusul pembunuhan anggota parlemen Dari Partai Buruh Jo Cox pada tahun 2016.

Perdana Menteri Boris Johnson menggambarkannya sebagai "salah satu orang yang paling baik, paling baik, paling lembut dalam politik".

Johnson mengatakan dia memiliki "catatan luar biasa dalam mengesahkan undang-undang untuk membantu yang paling rentan", menambahkan "kami hari ini kehilangan seorang pegawai negeri yang baik dan teman dan kolega yang sangat dicintai".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.