New South Wales Buka Perbatasan Bagi Warga Australia Tanpa Karantina

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 15 Okt 2021, 16:54 WIB
Diperbarui 15 Okt 2021, 16:54 WIB
Menanti Keputusan Lockdown Sydney
Perbesar
Orang-orang berjalan melalui halaman depan Gedung Opera Sydney yang sepi saat lockdown minggu kedua untuk meredam gejolak varian Delta Covid-19, Selasa (6/7/2021). PM Gladys Berejiklian mengatakan pihaknya akan menentukan nasib lockdown yang sedang diberlakukan di Sydney. (Bianca De Marchi/AFP)

Liputan6.com, Sydney - Warga negara Australia yang sudah divaksinasi dapat mengunjungi negara bagian bagian New South Wales dengan ibukota Sydney mulai 1 November tanpa perlu dikarantina.

Langkah yang diumumkan oleh pemerintah negara bagian New South Wales (NSW) pada awalnya mengindikasikan bahwa semua turis dan pelancong asing dapat dengan bebas masuk.

Tetapi Perdana Menteri Scott Morrison kemudian membatalkan gagasan itu, demikian dikutip dari laman BBC, Jumat (15/10/2021).

Perbatasan Australia secara efektif ditutup sejak Maret 2020, sehingga menyulitkan bahkan bagi warga untuk masuk.

"Kami tidak membuka diri untuk semua orang yang kembali ke Australia saat ini," kata Morrison.

Dia mengatakan, prioritas akan diberikan kepada warga Australia dan anggota keluarga mereka, setelah itu negara bagian akan mempertimbangkan migran, mereka yang memiliki visa kerja dan belajar, dan yang paling menantang yaitu turis.

"Ini tentang penduduk dan warga negara Australia terlebih dahulu," kata Morrison pada hari Jumat.

Hak juga telah diperluas untuk mencakup orang tua dari warga Australia, bahkan jika mereka adalah warga negara asing, yang memungkinkan warga Australia untuk dipersatukan kembali dengan anggota keluarga mereka yang berada di luar negeri.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pembatasan Paling Ketat

Lockdown Sydney akhirnya berakhir
Perbesar
Orang-orang masuk ke kota setelah lebih dari 100 hari lockdown di Sydney, Senin (11/10/2021). Lockdown Sydney akhirnya berakhir setelah hampir empat bulan lamanya kota terbesar di Australia itu ditutup untuk membatasi penyebaran Covid-19 varian Delta yang sangat menular. (AP Photo/Rick Rycroft)

Persyaratan karantina hotel dapat dihapus di NSW berkat tingkat vaksinasi yang tinggi di negara bagian itu -- hampir 80% dosis penuh untuk populasi berusia di atas 12 tahun yang memenuhi syarat, kata perdana menteri.

Sejak awal pandemi, Australia memiliki beberapa aturan perbatasan paling ketat di dunia.

Kontrol perbatasan Australia yang ketat juga telah mencegah orang-orang di dalam negeri untuk pergi ke luar.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya