Bill Clinton Dirawat di Rumah Sakit Akibat Infeksi Saluran Kemih

Oleh Liputan6.com pada 15 Okt 2021, 11:09 WIB
Diperbarui 15 Okt 2021, 13:02 WIB
Presiden ke-42 Amerika Serikat, Bill Clinton
Perbesar
Presiden ke-42 Amerika Serikat, Bill Clinton (Public Domain)

Liputan6.com, Sacramento - Mantan Presiden AS, Bill Clinton yang kini berusia 75 tahun dirawat di unit perawatan intensif University of California Irvine Medical Center. Ia mengalami infeksi saluran kemih yang menyebar ke aliran darahnya, kata dokternya pada Kamis kepada CNN.

"Dia dirawat di ICU untuk pemantauan ketat dan diberikan antibiotik dan cairan IV. Dia tetap di rumah sakit untuk pemantauan terus menerus," menurut pernyataan Kamis malam dari Dr. Alpesh Amin, ketua kedokteran di UC Irvine Medical Center, dan Lisa Bardack, dokter utama pribadi Clinton. 

Mereka mengatakan bahwa Clinton berada di ICU untuk privasi dan keamanan, bukan karena dia membutuhkan perawatan intensif, seperti dikutip dari CNN, Jumat (15/10/2021).

Clinton dalam semangat yang baik, berbicara dengan keluarga dan staf, dan telah bangun serta berjalan, menurut dokter dan stafnya.

"Setelah dua hari perawatan, jumlah sel darah putihnya cenderung menurun dan dia merespons antibiotik dengan baik," kata para dokter. "Kami berharap dia segera pulang."

Clinton, yang berada di California untuk acara pribadi yayasannya, merasa kelelahan pada hari Selasa dan kemudian dirawat di rumah sakit untuk menjalani sejumlah pengujian, menurut kantornya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bukan COVID-19

Para Mantan Presiden AS Barack Obama, George W Bush dan Bill Clinton Nonton Golf
Perbesar
Mantan Presiden AS, Bill Clinton dan George Bush pada upacara pembukaan pertandingan golf President Cup di New Jersey, Kamis (28/9). Selain George W Bush dan Bill Clinton, turnamen juga dihadiri mantan Presiden AS, Barack Obama. (AP/Julio Cortez)

Dokter mantan presiden AS ke-42 itu mengatakan infeksi urologi sangat umum pada orang tua dan mudah diobati, meskipun dapat dengan cepat menyebar ke aliran darah. 

Clinton akan diberikan antibiotik intravena sampai hari Jumat, lalu kemungkinan akan beralih ke antibiotik oral. Pengukuran organ vitalnya semua stabil, kata para dokter.

Clinton menjalani operasi bypass jantung empat kali lipat pada 2004 dan memiliki dua stent yang dimasukkan untuk membuka satu arteri pada 2010. Dokter menekankan bahwa rawat inap Clinton tidak terkait dengan jantung atau COVID-19.

Juru bicara Clinton, Angel Urena, pada Kamis mengatakan bahwa mantan Presiden itu sudah pulih dan dalam kondisi yang baik.

"Pada Selasa malam, Presiden Clinton dirawat di Pusat Medis UCI untuk menerima perawatan untuk infeksi yang tidak terkait dengan COVID-19. Dia dalam pemulihan, dalam semangat yang baik, dan sangat berterima kasih kepada para dokter, perawat, dan staf yang memberinya perawatan-perawatan yang sangat baik," kata Angel.

 

Reporter: Cindy Damara

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya