Sukses

Kebakaran Hutan California Selatan Nyaris Bakar Peternakan Eks Presiden AS Ronald Reagan

Kebakaran di hutan pegunungan di Santa Barbara mengancam pemukiman, peternakan, dan properti lainnya. Salah satunya peternakan yang pernah dimiliki oleh mantan Presiden AS Ronald Reagan.

Liputan6.com, Santa Barbara - Api berkobar di hutan pegunungan pesisir California Selatan, mengancam peternakan dan rumah pedesaan serta menutup jalan raya utama pada Rabu 13 Oktober. Saat ini, California tengah dilanda putaran baru angin kering yang meningkatkan risiko kebakaran.

Api dari kebakaran hutan dekat Waduk Alisal telah meliputi 62 kilometer persegi di Pegunungan Santa Ynez di sebelah barat Santa Barbara. Jumlah petugas pemadam kebakaran hampir dua kali lipat menjadi 1.300 dan akan datang lebih banyak.

Mengutip dari laman AP, Jumat (15/10/2010), petugas pemadam kebakaran setempat mengatakan kobaran api menjadi ancaman bagi lebih dari 100 rumah, peternakan, dan bangunan lainnya.

Api diketahui merambat ke peternakan Rancho del Cielo yang dikenal sebagai Gedung Putih Barat peninggalan Ronald dan Nancy Reagan selama masa kepresidenannya. Peternakan seluas 278 hektar ini telah digunakan Presiden Reagan untuk menjamu para pemimpin dunia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hampir Lahap Properti Berharga

Manajer properti, Flemming Bertelsen mengatakan bahwa api telah merambat hingga 800 meter dari Gedung Putih Barat, tetapi peternakan terkenal ini seperti menghindari peluru.

"Kami mengira (Rancho del Cielo) akan dilahap oleh api yang menjalar ke ngarai, tetapi yang luar biasa angin utara yang tidak biasa ini terus mendorongnya menjauh dari kami," katanya.

Setelah dijual Reagan, peternakan itu memperoleh kehidupan baru sebagai tempat untuk organisasi pemuda konservatif, Young American's Foundation. Menurut wakil presiden dan kepala staf yayasan tersebut, Jessica Jensen, daerah tersebut tidak pernah terbakar sejak 1955.

Young America's Foundation memiliki personel darurat di lokasi dan sistem pemadam kebakaran yang telah diuji dan siap digunakan.

3 dari 3 halaman

Cuaca Buruk Perbesar Kobaran Api

Layanan Cuaca Nasional mengatakan akan ada putaran baru angin Sundowner yang terkenal di Santa Barbara County selatan Rabu malam. Bagian lain California juga diperkirakan akan mengalami peningkatan bahaya kebakaran.

Peringatan level merah diperkirakan akan mulai berlaku di pedalaman California Utara pada Kamis karena hembusan angin dan tingkat kelembaban yang rendah. Peramal cuaca juga berencana untuk mengeluarkan peringatan cuaca kebakaran pada Jumat 15 Oktober mendatang di beberapa bagian California Selatan karena prediksi perkembangan angin Santa Ana.

Pacific Gas & Electric mengatakan kemungkinan harus mematikan listrik ke bagian-bagian yang ditargetkan dari 13 county di California Utara pada Kamis 14 Oktober, untuk mencegah kebakaran hutan yang dipicu oleh kerusakan angin pada saluran listrik. Perusahaan tersebut baru saja memulihkan listrik ke sekitar 25.000 pelanggan yang listriknya padam karena badai angin pada hari Senin.

Kebakaran hutan California telah menghanguskan hampir 10.101 kilometer persegi tahun ini dan menghancurkan lebih dari 3.600 rumah, bisnis, dan bangunan lainnya menurut Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran negara bagian.

Kekeringan bersejarah di Amerika Barat terkait dengan perubahan iklim membuat kebakaran hutan lebih sulit untuk dilawan. Kebakaran ini telah membunuh jutaan pohon di California saja. Para ilmuwan mengatakan perubahan iklim telah membuat sisi Barat jauh lebih panas dan kering dalam 30 tahun terakhir dan akan terus membuat cuaca lebih ekstrem dan kebakaran hutan lebih sering.

 

Penulis: Anastasia Merlinda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.