Sukses

12 Toilet Terunik di Dunia, Kuno hingga Terbuat dari Emas 18 Karat

Mulai dari toilet peninggalan era Alkitab yang ditemukan di Yerusalem hingga yang memiliki teknologi canggih, berikut ini beberapa toilet terunik di dunia.

, Jakarta - Dunia berevolusi, begitu juga dengan teknologi. Termasuk salah satunya adalah toilet.

Mulai dari toilet peninggalan era Alkitab yang ditemukan di Yerusalem hingga yang memiliki teknologi canggih. Berikut ini beberapa toilet terunik di dunia, dikutip dari DW Indonesia, Selasa (12/10/2021):

1. Toilet Kuno di Yerusalem

Balok batu kapur persegi dengan lubang di tengahnya ini adalah toilet yang merupakan bagian dari tanah kerajaan megah di abad ke-7 SM, menurut Otoritas Barang Antik Israel. Di bawah tanah itulah mereka menemukan tangki septik yang dipahat dari batu.

Temuan langka, kata direktur penggalian Jaakov Billig, hanya orang kaya yang mampu membeli toilet.

2. Toilet Tertua

Ini dibangun oleh bangsa Sumeria di Mesopotamia antara 3.500 dan 3.000 SM. Foto ini menunjukkan toilet Romawi kuno di situs arkeologi Leptis Magna di Libya.

Bagi bangsa Romawi, pergi ke kamar mandi jauh dari sekadar urusan pribadi, melainkan sudah seperti acara sosial. Jamban-jamban itu tidak memiliki partisi, menawarkan ruang untuk 60 orang sekaligus.

3. Toilet XXL

Toilet raksasa di sebuah fasad bangunan yang dirancang oleh desainer Prancis Philippe Starck, jelas merupakan patung yang tidak dimaksudkan untuk digunakan. Toilet duduk raksasa ini merupakan tipuan iklan dari pabrik Jerman di Hornberg, Jerman selatan.

Dari tepian, pengunjung bisa melihat pemandangan Black Forest. Toilet duduk berkeramik ala Barat ini bukanlah standar toilet di seluruh dunia ya.

4. Toilet Jongkok

Toilet di negara-negara Asia biasanya berjenis jongkok, yang memiliki dua keunggulan: desainnya memudahkan untuk buang air besar dan tidak ada dudukan toilet yang biasanya tidak bersih.

Tisu toilet juga tidak wajib di kebanyakan negara, termasuk di Arab, air yang mengalir biasa disediakan dan tentunya lebih disukai.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Teknologi canggih di Jepang

Jepang berada di puncak daftar teknologi toilet flush ala Barat berteknologi tinggi, mulai dari fitur penyegar udara otomatis hingga penghangat dudukan kursi, sistem musik stereo internal, dan tentu saja Wifi.

6. Toilet dengan Panel pintar

Di ibu kota Jepang, Tokyo, beberapa toilet umum terlihat transparan. Panel dindingnya akan menjadi buram saat toilet digunakan. Kota Ichihara di Jepang adalah rumah bagi toilet umum terbesar di dunia, sebuah toilet dengan bilik kaca dibangun di atas lahan seluas 200.000 meter persegi tersebut.

Toilet ini hanya untuk perempuan dan dirancang oleh Sou Fujimoto.

7. Toilet Ala Gurun Pasir

Toilet ini terletak di bagian selatan Tunisia, di tengah Chott el Djerid (foto). Danau garam ini menjadi lokasi film untuk rumah masa kecil Luke Skywalker, salah satu protagonis utama dalam film Star Wars.

8. Toilet Proyek Seni

Toilet ini adalah sebuah karya seni. Arsitek ternama Belanda Rem Koolhaas merancang toilet unisex ini pada tahun 2006 sebagai proyek seni "A Star is born" di Groningen.

9. Toilet Hundertwasser

Arsitek dan seniman kelahiran Austria Friedensreich Hundertwasser mendesain kamar mandi ini dengan gaya khasnya yang unik, penuh warna, dan menyenangkan. Ini hanyalah satu dari banyak ruangan di bangunan yang dia berikan, di sebuah kota Kawakawa, Selandia Baru, tempat dia tinggal bertahun-tahun hingga kematiannya pada tahun 2000.

10. Toilet Gurun Pasir di China

Para Wisatawan yang mengunjungi Mongolia Dalam pasti akan menemukan toilet ini di Teluk Xiangsha, tempat penginapan pertama di timur Gurun Kubuqi, Cina. Lebih dari 40% populasi dunia kekurangan fasilitas kebersihan sanitasi yang memadai. "Tidak akan ada masa depan yang berkelanjutan tanpa toilet," dikutip dari situs PBB.

11. Toilet Luar Angkasa

Pada tahun 2020, NASA menghabiskan $23 juta (327 miliar rupiah) untuk membuat dua toilet di luar angkasa, toilet termahal yang pernah ada. Berbeda dengan model sebelumnya, toilet 2003 dalam modul "Zvezda" Rusia di Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS, model terbarunya dirancang untuk perempuan.

12. Emas 18 karat

Pada 2016/2017, pengunjung Museum Guggenheim di New York dapat menggunakan toilet emas 18 karat berjudul "Amerika", yang dipasang oleh seniman Italia Maurizio Cattelan.

"Apa pun yang Anda makan, makan siang seharga 200 dolar atau hot dog 2 dolar, hasilnya sama dari sudut pandang toilet," kata sang seniman. Namun karya seni itu dicuri pada 2019, ketika sedang dipamerkan di Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.