Sukses

Warga Afghanistan Jual Opium Saat Taliban Berkuasa: Haram Tapi Tak Ada Pilihan Lain

Sebuah vendor di pasar opium di Afghanistan selatan mengatakan harga untuk barang-barang mereka telah meroket sejak pengambilalihan Taliban.

Liputan6.com, Kandahar - Ketika perekonomian warga Afghanistan relatif kolaps menyusul pergantian kekuasaan ke tangan Taliban baru-baru ini, sebuah komoditas haram justru menjadi asa untuk menggantungkan harapan.

Sebuah vendor di pasar opium di Afghanistan selatan mengatakan harga untuk barang-barang mereka telah meroket sejak pengambilalihan Taliban.

Menancapkan pisaunya ke dalam kantong plastik besar yang diisi dengan empat kilogram (sembilan pon) dari apa yang tampak seperti opium coklat, Amanullah, yang meminta untuk menggunakan nama palsu, mengekstrak tanaman itu dan menempatkannya dalam cangkir kecil yang digantung di atas api.

Getah dari tanaman poppy (Papaver somniferum) itu dengan cepat mulai mendidih dan mencair, dan dia dan rekannya Mohammad Masoom dapat menunjukkan kepada pembeli bahwa opium mereka murni.

"Ini haram (dilarang) dalam Islam, tetapi kami tidak punya pilihan lain," kata Masoom, di pasar di dataran gersang Howz-e-Madad, di provinsi Kandahar sebagaimana diwartakan oleh AFP, dikutip dari France24, Minggu (10/10/2021).

Sejak Taliban menyerbu Kabul pada 15 Agustus, harga opium – yang diubah menjadi heroin baik di Afghanistan, Pakistan atau Iran sebelum membanjiri pasar Eropa – telah meningkat lebih dari tiga kali lipat.

Masoom mengatakan penyelundup sekarang membayarnya 17.500 rupee Pakistan ($ 100, 90 euro) per kilogram. Di Eropa memiliki nilai jalanan lebih dari $ 50 per gram.

Ketika dia duduk di bawah kanvas yang ditangguhkan dari empat taruhan untuk melindungi barang-barang berharga dari matahari yang terbakar, dia mengatakan harga sebelum pengambilalihan Taliban berkisar hanya sepertiga dari apa yang bisa dia peroleh sekarang.

Berbicara kepada AFP di ladangnya beberapa kilometer jauhnya, petani poppy Zekria menegaskan bahwa harga telah meroket.

Dia mengatakan opiumnya lebih terkonsentrasi - dan karena itu kualitas yang lebih baik - daripada Masoom dan Amanullah karena bunga-bunga dipetik pada awal musim panen.

Dia mengatakan dia sekarang mendapat lebih dari 25.000 PKR per kilo, naik lebih dari 3 kali lipat dari semula 7.500 sebelum pengambilalihan Taliban.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlu Dukungan Internasional untuk Beralih dari Dagangan Haram

Kembali ke pasar, ratusan produsen, vendor dan pembeli mengobrol tentang teh hijau di sekitar karung opium dan hashish, membahas harga yang melonjak.

Cuaca, ketidakamanan, kerusuhan politik dan penutupan perbatasan semuanya dapat mempengaruhi harga opium yang terus berfluktuasi, tetapi semua orang tampaknya setuju bahwa itu disebabkan oleh pernyataan oleh juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid bulan lalu yang membuat harga lepas landas.

Pada saat itu, dia mengatakan kepada dunia bahwa Taliban tidak ingin melihat "narkotika apa pun diproduksi" – tetapi menambahkan bahwa dukungan internasional diperlukan untuk memungkinkan petani beralih dari perdagangan barang haram tersebut.

Desas-desus bahwa larangan untuk menanam opium sudah dekat menyebar melalui provinsi, kubu Taliban bersejarah dan pusat produksi opium negara dan perdagangan narkoba.

Pembeli bersiap untuk kekurangan stok yang menjulang, "sehingga harga opium melonjak," kata Zekria, yang juga menggunakan nama samaran untuk menghindari pembalasan.

Tetapi pria berusia 40 tahun, yang seperti ayah dan kakeknya telah menghabiskan sebagian besar hidupnya menanam bunga poppy, mengatakan dia tidak percaya Taliban "dapat memberantas semua pertanian poppy di Afghanistan".

Pada tahun 2000, selama periode terakhir kelompok garis keras berkuasa, Taliban melarang poppy tumbuh, menyatakan itu dilarang di bawah Islam, dan hampir memberantas tanaman.

Setelah penggulingan Taliban yang dipimpin AS pada tahun 2001, pertanian poppy kembali berkembang biak, bahkan ketika Barat menuangkan jutaan dolar untuk mendorong pertanian alternatif, seperti kunyit.

3 dari 3 halaman

Tidak Ada Solusi Lain

Kemudian, dengan Taliban beralih dari Afghanistan yang berkuasa ke pemberontakan melawan pasukan pimpinan AS, mereka mengandalkan produksi opium untuk membiayai pemberontakan mereka.

Pada 2016, setengah dari pendapatan mereka berasal dari perdagangan tanaman narkotik itu, menurut PBB.

Produksi opium Afghanistan sejak itu tetap tinggi dari tahun ke tahun, menghasilkan sekitar 6.300 ton tahun lalu saja, kata PBB.

Petani di selatan mengatakan tidak mungkin untuk memberantas perdagangan, yang diperkirakan PBB bernilai $ 2 miliar dalam pendapatan tahunan di Afghanistan.

"Kami tahu itu tidak baik tetapi kami tidak memiliki cukup air atau biji (benih) tanaman lain," katanya.

"Kita tidak bisa menumbuhkan hal lain sekarang," kata Masoom, menambahkan bahwa perdagangan lainnya akan jauh lebih tidak menguntungkan jika mereka beralih pada periode instabilitas seperti sekarang.

Zekria, satu-satunya pencari nafkah dalam keluarga berusia 25 tahun, setuju.

"Tanpa opium, saya bahkan tidak bisa menutupi pengeluaran saya," katanya, seraya menambahkan "tidak ada solusi lain kecuali masyarakat internasional membantu kami".

Dengan peringatan PBB bahwa sepertiga dari populasi negara itu menghadapi ancaman kelaparan, kaum Islamis telah berjinjit di sekitar masalah pelarangan praktik perdagangan barang haram yang menguntungkan.

Di kantornya di Kandahar, kepala departemen kebudayaan provinsi Maulvi Noor Mohammad Saeed mengatakan kepada AFP bahwa "produksi opium adalah haram dan buruk bagi orang-orang".

Namun mengatakan melarang produksi akan tergantung pada bantuan yang diterima.

"Jika masyarakat internasional siap membantu para petani untuk tidak menanam poppy, maka kami akan melarang opium."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini