Sukses

11 Oktober 1976: Partai Komunis China Tangkap 'Geng 4 Pemberontak', Termasuk Istri Mao Zedong

Ketua baru Partai Komunis China, Hua Guofeng, telah memerintahkan penangkapan empat radikal terkemuka di Beijing pada 11 Oktober 2021.

Liputan6.com, Beijing - Ketua baru Partai Komunis China, Hua Guofeng, telah memerintahkan penangkapan empat figur 'radikal' terkemuka di Beijing pada 11 Oktober 2021.

Perintah itu menandai perubahan arah politik China setelah kematian Ketua Partai Komunis sekaligus pemimpin tertinggi China Mao Zedong pada bulan sebelumnya, demikian seperti dikutip dari BBC On This Day, Senin (11/10/2021).

Yang disebut Gang of Four dipimpin oleh janda Ketua Mao, Jian Qing, dan termasuk Wang Hongwen, Yao Wenyuan, dan Zhang Chunqiao.

Mereka adalah pendukung aktif Revolusi Kebudayaan yang dipropagandakan sepuluh tahun yang lalu oleh Ketua Mao.

Ini adalah kampanye politik dan ideologis yang bertujuan untuk menghidupkan kembali semangat revolusioner dan menghasilkan pergolakan sosial, ekonomi dan politik yang sangat besar.

Pembersihan ideologis dimulai dengan serangan oleh Pengawal Merah muda pada apa yang disebut "intelektual" untuk menghapus pengaruh "borjuis". Diyakini jutaan orang diwajibkan untuk melakukan kerja paksa, dan puluhan ribu dieksekusi.

Zhang naik pangkat selama tahun pertama Revolusi Kebudayaan di Shanghai dan sempat menjadi kepala komisaris politik angkatan bersenjata.

Wang memiliki kekuatan yang lebih sedikit tetapi dianggap sebagai wonderboy – ia naik ke nomor tiga di partai pada tahun 1973 saat masih berusia akhir tiga puluhan, relatif muda menurut standar panggung politik China.

Yao, juga anggota komite tetap Politbiro Partai Komunis China, dianggap berdedikasi, jika tidak fanatik, dalam keyakinannya pada cita-cita Maois tentang pembangunan sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wasiat Palsu

Jian Qing, sebelumnya seorang aktris, menjadi istri ketiga Ketua Mao pada tahun 1939. Dia dianggap sebagai pendukung radikal dan aktif prinsip-prinsip Maois tetapi pada tahun-tahun sebelum kematiannya, telah menjalani kehidupan yang mandiri dari suaminya.

Berita penangkapan keempat figur itu tak segera dikonfirmasi oleh pejabat China tetapi diyakini keempatnya mencoba kudeta setelah kematian Ketua Mao pada 9 September 1976.

Beberapa laporan mengatakan Jian Qing sedang dalam proses menempa kehendak Ketua Mao menempatkannya sebagai penerus Mao, ketika dia dan rekan-rekannya dikelilingi oleh pengawal pribadi Hua Guofeng dan ditempatkan di bawah tahanan rumah.

Mereka ditanyai tentang kampanye mereka melawan mantan perdana menteri Zhou Enlai, yang meninggal pada Januari tahun yang sama.

Komentator mengatakan penangkapan itu dapat menyebabkan liberalisasi kebijakan luar negeri, budaya dan ekonomi - editorial surat kabar Times menyebut langkah terbaru Partai Komunis China pada saat itu merupakan "tanda paling ampuh dari arah politik baru" setelah 27 tahun dogma Maois.

3 dari 3 halaman

Dalam Konteks

Gang of Four ditahan di bawah tahanan rumah dan, setelah kampanye propaganda melawan mereka, diusir dari Partai Komunis pada Juli 1977.

Pada akhir 1978 reformis Deng Xiaoping telah secara efektif merebut kekuasaan dari Hua Guofeng - meskipun ia tidak mengambil gelar perdana menteri China dan ketua PKT sampai 1982.

Pada tanggal 20 November 1980 semua anggota Gang of Four diadili dengan tuduhan berusaha menggulingkan pemerintah dan mendirikan kediktatoran Komunis garis keras.

Mereka dijatuhi hukuman mati, kemudian diringankan ke penjara jangka panjang. Setelah periode indoktrinasi politik, Jian Qing dibebaskan pada tahun 1991 dan meninggal segera setelahnya - beberapa laporan mengatakan dia bunuh diri.

Wang Hongwen meninggal pada tahun 1992, Zhang Chunqiao meninggal pada bulan April 2005 dan Yao Wenyuan meninggal pada bulan Desember 2005

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.