Sukses

Setelah 10 Tahun, Kapal Perang HMS Richmond Milik AL Inggris Kembali Kunjungi Jakarta

TNI Angkatan Laut Indonesia menyambut kehadiran HMS Richmond milik Inggris di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara pada Jumat (8/10/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Alunan musik dari marching band TNI Angkatan Laut Indonesia menyambut kehadiran HMS Richmond milik Inggris di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara pada Jumat (8/10/2021) pukul 09.11 WIB.

Duta Besar Inggris Owen Jenkins, Atase Pertahanan Inggris Kolonel Paul Reynolds, Kapten Kapal Komandan Hugh Botterill, perwakilan komunitas kapal selam Inggris Matt Farr, turut menyambut HMS Richmond.

Dalam sambutannya, Wadanlantamal III Kol. Teguh Gunawan menyampaikan penghormatan dari seluruh anggota TNI AL.

"Kedatangan HMS Richmond, Inggris sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan hubungan kedua negara," ujar Teguh Gunawan.

"Di masa pandemi COVID-19, protokol kesehatan tetap kami jalankan di tengah kunjungan. Saya berharap pandemi segera berakhir. Sehingga kalian dapat berkunjung ke Indonesia lagi untuk menikmati keindahan alam dan keberagaman budayanya," ujar Teguh Gunawan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Stabilitas di Kawasan

Sementara itu Kapten Kapal HMS Richmond Commander Hugh Botterill milik British Navy menyampaikan bahwa ada kebahagian tersendiri baginya bisa berkunjung ke Indonesia, negara yang indah.

"Suatu kehormatan mutlak bagi saya untuk membawa Kapal dan Kru mengunjungi Jakarta, sekitar 10 tahun sejak terakhir kali HMS Richmond datang ke sini, di negara indah," ujar Botterill.

"Saya berharap kunjungan yang berkelanjutan dan andal di kawasan ini memperkuat komitmen Inggris. Saya percaya komitmen Inggris ditunjukkan tidak hanya dengan kehadiran Strike Group di kawasan pasifik, tetapi juga berdasarkan fakta bahwa kita semua ada di sini hari ini, terlepas dari Pandemi COVID-19."

Bagi Botterill, penting dalam menjunjung nilai-nilai kebersamaan, komitmen untuk memperdalam hubungan diplomatik, ekonomi dan keamanan dengan negara-negara di kawasan Indo Pasifik, termasuk Indonesia.

Selama di Jakarta, HMS Richmond akan melakukan serangkaian kegiatan bersama TNI Angkatan Laut.

Di antaranya berdiskusi dengan anak-anak muda Indonesia yang belajar kelautan di empat lembaga pendidikan. Awak kapal juga akan mengikuti tarian tradisional Indonesia yang terkenal, Poco-Poco dan Mau-mere bersama TNI Angkatan Laut serta berinteraksi dengan pengguna media sosial.

"Kami juga berharap dapat menikmati budaya Indonesia yang kaya dan beragam melalui makanan contohnya. Setelah kami berlayar dari Jakarta kami akan melakukan latihan dengan Kapal TNI KRI Bung Tomo."

"Jika boleh, saya ingin mengakhiri dengan memperkuat komitmen Inggris terhadap kawasan Indo Pasifik sekali lagi. Kami menyadari pentingnya ASEAN dengan Indonesia sebagai anggota pendiri, kami ingin terus mendukung semua negara, sebagaimana dan di mana pun kami dapat lakukan sebagai mitra dialog dalam asosiasi penting ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.