Sukses

Ilmuwan Temukan 6 Anjing Berbakat Bisa Hafal Nama Mainan dalam Waktu Singkat

Keenam anjing berbakat ditemukan mampu mempelajari nama mainan dalam waktu yang singkat.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah ilmuwan menemukan beberapa anjing berbakat yang dapat mengingat lebih dari 100 nama mainan.

Para ilmuwan meneliti enam anjing jenis Collie dari seluruh dunia, yang diidentifikasi melalui Genius Dog Challenge, untuk memperlajari nama-nama mainan.

Mereka menemukan bahwa sebagian besar mempelajari nama mainan baru dalam satu minggu dan dapat mengingatnya selama dua bulan.

Para peneliti menyarankan anjing-anjing ini menjadi model yang kuat untuk mempelajari mekanisme mental yang terkait dengan perolehan kata pada non-manusia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

6 Anjing Berbakat

Dilansir Sky News, Kamis (7/10/2021), peneliti utama Dhany Dror, dari Family Dog Project di Eotvos Lorand University di Hongaria, mengatakan "Kami tahu bahwa anjing dapat dengan mudah mempelajari kata-kata yang terkait dengan tindakan, seperti 'duduk' atau 'turun'. Tetapi sangat sedikit anjing yang dapat mempelajari nama-nama benda. Selama lebih dari dua tahun kami mencari di seluruh dunia anjing yang bisa mempelajari nama-nama benda mainan mereka, dan kami berhasil menemukan enam."

Terkumpul 6 anjing, yakni Max dari Hungaria, Gaia dari Brasil, Nalani dari Belanda, Squall dari AS, Whiskey dari Norwegia dan Rico dari Spanyol. Semuanya memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam tantangan ini.

Untuk melakukannya, hewan-hewan itu harus membuktikan bahwa mereka tahu nama lebih dari 28 mainan. Beberapa di antaranya mengetahui lebih dari 100.

3 dari 5 halaman

Cepat Mempelajari Nama Mainan Baru

Claudia Fugazza, kepala tim peneliti, mengatakan "Anjing-anjing berbakat ini dapat mempelajari nama-nama baru mainan dengan kecepatan yang sangat luar biasa."

"Dalam penelitian kami sebelumnya, kami menemukan bahwa mereka dapat mempelajari nama mainan baru setelah mendengarnya hanya empat kali."

"Tapi, dengan paparan singkat seperti itu, mereka tidak membentuk memori jangka panjang tentang itu.*

"Dalam studi barunya, para peneliti menantang para pemilik anjing untuk pertama-tama mengajarkan hewan peliharaan mereka enam nama mainan, dan kemudian 12 mainan baru hanya dalam kurun waktu satu minggu.*

4 dari 5 halaman

Memiliki Memori Jangka Panjang

Para peneliti kagum bahwa anjing-anjing itu dengan mudah dapat mempelajari nama-nama sebanyak 11 sampai 12 mainan.

Dalam satu dan dua bulan setelah mereka mengetahui nama-nama mainan baru, anjing itu kembali diuji dan para peneliti menemukan bahwa mereka masih mengingatnya.

Selama lockdown akibat COVID-19, data yang dikumpulkan melalui pemilik diminta untuk memasang dua kamera video di rumah dan terhubung ke streaming langsung sehingga perilaku anjing dan pemiliknya dapat dipantau sepenuhnya.

Penulis : Azarine Natazia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5 dari 5 halaman

Infografis Yuk Pakai Masker dan Segera Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.