Sukses

Kejar Target Vaksinasi COVID-19, Korea Selatan Mulai Vaksin Ibu Hamil

Pemerintah Korea Selatan mulai memvaksinasi ibu hamil sebagai bagian dari target vaksinasi dewasa.

Liputan6.com, Jakarta - Korea Selatan akan mulai menerima pemesanan vaksin virus corona dari wanita hamil pada minggu ini ketika negara itu mempercepat upaya vaksinasi untuk mencapai tujuannya untuk mengimunisasi 80 persen dari semua orang dewasa pada akhir bulan.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Rabu (6/10/2021), otoritas kesehatan melihat ibu hamil sebagai kunci kampanye dan berusaha untuk menggalang partisipasi melalui pemberitahuan publik dan konferensi pers yang mengatakan bahwa mereka memiliki kemungkinan lebih besar terkena penyakit serius dan kematian jika terinfeksi COVID-19.

Wanita hamil yang memenuhi syarat untuk mendaftar suntikan mulai Jumat (8/10), untuk inokulasi yang akan dimulai pada 18 Oktober menggunakan vaksin Pfizer atau Moderna, menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA).

"Vaksin tersebut aman untuk wanita hamil dan secara signifikan dapat mengurangi risiko tertular COVID-19 dan menjadi sakit kritis," kata direktur KDCA Jeong Eun-kyeong dalam briefing publik pada hari Senin.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksinasi Wanita Hamil

Dari 731 wanita hamil yang terinfeksi virus di Korea Selatan pada Agustus, sekitar 2 persen dari mereka mengembangkan penyakit serius, lebih dari enam kali lipat wanita berusia antara 20 hingga 45 tahun, menurut KDCA.

Tetapi para pejabat telah menyarankan orang-orang dengan kehamilan kurang dari 12 minggu untuk berkonsultasi dengan staf medis sebelum mendapatkan vaksin.

Sekitar 54,5 persen dari 52 juta penduduk negara itu dan sekitar 63 persen orang dewasa telah divaksinasi penuh pada hari Selasa, dan pihak berwenang bertujuan untuk menyelesaikan vaksinasi untuk 80 persen dari semua orang dewasa pada akhir Oktober.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini