Sukses

Joe Biden dan Xi Jinping Sepakati Perjanjian Soal Taiwan

Presiden AS Joe Biden dan pemimpin China Xi Jinping telah sepakat untuk mematuhi perjanjian Taiwan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden AS Joe Biden mengaku telah berbicara dengan Presiden China Xi Jinping tentang Taiwan. Keduanya pun setuju untuk mematuhi perjanjian Taiwan, karena ketegangan meningkat antara Taipei dan Beijing.

"Saya sudah berbicara dengan Xi tentang Taiwan. Kami setuju ... kami akan mematuhi perjanjian Taiwan," kata Biden. 

"Kami menjelaskan bahwa saya tidak berpikir dia harus melakukan apa pun selain mematuhi perjanjian."

Dilansir laman Channel News Asia, Rabu (6/10/2021), Biden tampaknya merujuk pada "kebijakan satu-China" lama Washington di mana ia secara resmi mengakui Beijing daripada Taipei, dan Undang-Undang Hubungan Taiwan, yang memperjelas bahwa keputusan AS untuk membangun hubungan diplomatik dengan Beijing alih-alih Taiwan bertumpu pada harapan bahwa masa depan Taiwan akan ditentukan dengan cara damai. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konflik Taiwan-China

China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, yang harus diambil secara paksa jika perlu. 

Taiwan mengatakan itu adalah negara merdeka dan akan mempertahankan kebebasan dan demokrasinya, menyalahkan China atas ketegangan tersebut.

Taiwan telah melaporkan 148 pesawat angkatan udara China di bagian selatan dan barat daya zona pertahanan udaranya selama periode empat hari yang dimulai pada hari Jumat, hari yang sama China menandai hari libur patriotik utama, Hari Nasional.

Amerika Serikat pun mendesak China untuk menghentikan kegiatan militernya di dekat Taiwan.

3 dari 3 halaman

Infografis Joe Biden Prediksi Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.